Status Waspada Gunung Dempo, Warga Dilarang Aktivitas di Kawah

Agar tidak ada korban jiwa jika terjadi letusan

Pagaralam, IDN Times - Status Gunung Dempo di Pagaralam Sumatra Selatan (Sumsel) yang dinyatakan level II atau berstatus waspada membuat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Ogan Komering Ulu (OKU) mengambil langkah cepat.

"Selain menyiapkan posko kami juga melarang masyarakat agar tidak melakukan aktivitas di Gunung Dempo terutama di sekitar kawah," ujar Manajer Pusdalops BPBD Ogan Komering Ulu (OKU), Gunalfi, Sabtu (8/1/2022).

Baca Juga: Gunung Dempo Waspada, Ada Hembusan Gas di Kawah

1. Larangan beraktivitas hingga Gunung Dempo dinyatakan aman

Status Waspada Gunung Dempo, Warga Dilarang Aktivitas di KawahIlustrasi gunung meletus. (IDN Times/Sukma Shakti)

Pengawasan dan pemantauan di sekitar Gunung Dempo dilakukan BPBD OKU sebagai langkah cepat agar tidak ada korban jiwa jika terjadi letusan gunung. Sebab berdasarkan surat edaran Badan Geologi Kementerian Energi dan SDM status Gunung Dempo naik level dari normal ke waspada.

"Warga setempat khususnya masyarakat OKU agar tidak berkunjung ataupun melakukan aktivitas di gunung sampai kondisinya dinyatakan aman," kata Gunalfi.

2. Gunung Dempo terakhir erupsi tahun 2009

Status Waspada Gunung Dempo, Warga Dilarang Aktivitas di KawahGunung Dempo Status Waspada: Ada Hembusan Gas di Kawah (IDN Times/Dokumen)

Berdasarkan data kebencanaan, letusan Gunung Dempo tercatat sejak tahun 1818 hingga kini telah terjadi 21 kejadian erupsi dengan selang waktu erupsi terpendek satu tahun dan terpanjang 26 tahun.

Erupsi terakhir terjadi pada 1 Januari 2009 pukul 10:45:51 WIB dan pada tahun 2021 terjadi peningkatan kegempaan berupa pemunculan getaran Tremor Menerus selama April hingga September 2021.

"Larangan ini untuk kebaikan bersama. Terlebih, gunung tersebut sudah lama tidak erupsi. Terakhir, berdasarkan data dari badan geologi terjadi tahun 2009 silam," jelas Gunalfi. 

3. Larang komunitas lakukan pendakian di Gunung Dempo

Status Waspada Gunung Dempo, Warga Dilarang Aktivitas di KawahIlustrasi gunung meletus (IDN Times/Arief Rahmat)

Karakter letusan Gunung Dempo dominan erupsi freatik yang berlangsung secara tiba-tiba, singkat dan tidak jelas yang menghasilkan erupsi material lumpur belerang, piroklastik dan air dari danau kawah yang dapat membahayakan jiwa manusia.

Pihaknya telah mengeluarkan surat peringatan dini kepada masyarakat Kabupaten OKU untuk tidak berwisata ataupun melakukan pendakian ke Gunung Dempo, hingga keadaan dinyatakan aman.

"Peringatan dini ini dikeluarkan mengingat banyak pendaki baik dari komunitas maupun kampus asal OKU yang biasanya menjajaki gunung tersebut. Jadi, untuk sementara waktu jangan kesana dulu," tandas Gunalfi.

Baca Juga: 9 Potret dan Fakta Gunung Dempo, Gunung Berapi di Sumatra Selatan 

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya