Gunung Dempo Waspada, Ada Hembusan Gas di Kawah

Warga sekitar bisa pantau Gunung Dempo di magma.esdm.go.id

Pagaralam, IDN Times - Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menaikkan level Gunung Dempo di Pagar Alam, Sumatra Selatan (Sumsel). Sebelumnya, status gunung dengan ketinggian 3.159 meteri dari permukaab laut (MDPL) yang sebelumnya normal kini menjadi waspada.

"Pemerintah setempat diminta membuat rencana kontingensimenyesuaikan kondisi lapangan, seperti jalur evakuasi dan titik pengungsian," ujar Kepala Bidang Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumsel, Ansori, Jumat (7/1/2022).

1. Gunung Dempo menunjukkan getaran tremor

Gunung Dempo Waspada, Ada Hembusan Gas di KawahIlustrasi gunung meletus. (IDN Times/Sukma Shakti)

Berdasarkan surat yang dikeluarkan oleh Badan Geologi Kementrian dan ditandatangani Kepala Badan Geologi, Eko Budi Lelono, pengamatan visual menunjukkan kenaikan aktivitas hembusan gas dari kawah puncak gunung Dempo.

Termasuk tanda kemunculan getaran Tremor yang mengindikasikan kenaikan fluida berupa gas, cairan, dan batuan padat, ke kedalaman yang lebih dangkal. Hasil itu sesuai pengamatan periode 1-6 Januari 2022.

"Hasilnya menunjukkan energi gempa frekuensi rendah meningkat sejak 3 Januari yang bersifat mendadak dan terespon langsung ke permukaan," kata dia.

Baca Juga: Petik Edelweis, Pendaki Ini Dilarang Mendaki Gunung Dempo 3 Tahun

2. Informasi perkembangan Gunung Dempo dapat diakses online

Gunung Dempo Waspada, Ada Hembusan Gas di KawahIlustrasi gunung meletus (IDN Times/Arief Rahmat)

Ansori mengatakan, gunung Dempo memutari tiga daerah yakni Pagar Alam, Lahat, dan Empat Lawang, mendorong masyarakat tetap waspada dan memerhatikan informasi resmi dari pemerintah.

“Masyarakat jangan panik secara berlebihan, jangan percaya hoaks. Informasi dan perkembangan aktivitas vulkanik Gunung Dempo dapat diakses melalui situs magma.esdm.go.id atau aplikasi android Magma Indonesia,” jelasnya.

3. Minta masyarakat di sekitar Gunung Dempo waspada

Gunung Dempo Waspada, Ada Hembusan Gas di KawahIlustrasi gunung meletus. (IDN Times/Sukma Shakti)

BPBD Sumsel juga meminta petugas dan masyarakat sekitar menutup jalur pendakian gunung Dempo sementara waktu, seiring terjadinya peningkatan aktivias gunung tersebut.

"Kepada masyarakat sekitar radius terdekat Gunung Dempo untuk sementara harap selalu waspada dan hati-hati," tandas dia.

Baca Juga: Wiyoto Meninggal Setelah Hipotermia dan Sesak Napas di Gunung Dempo

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya