SoMa Palembang Layani Makan di Tempat, Pelanggan Duduk 1,5 Meter

Upaya menekan penyebaran virus corona

Palembang, IDN Times - Tempat makan atau restoran di Social Market (SoMa) Palembang mulai beroperasi setelah tutup beberapa waktu lalu, akibat penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Beberapa restoran pun tak hanya melayani take away, tapi kembali membuka kesempatan bagi pelanggan untuk makan di tempat. Pantauan IDN Times, tak sedikit pengunjung yang datang. Beberapa dari mereka mengambil tempat yang berjarak dengan orang lain.

"Ktia tegas mengatur jarak duduk 1-1,5 meter bagi yang makan di sini. Mereka wajib memakai masker dan harus cuci tangan sebelum masuk," ujar Pepi, Marketing SoMa Palembang, Kamis (11/6).

1. Pasang thermal scanner seperti di bandara untuk memeriksa suhu tubuh pengunjung

SoMa Palembang Layani Makan di Tempat, Pelanggan Duduk 1,5 MeterSuasana restoran di Palembang terapkan SOP COVID-19 (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Selain mewajibkan pengunjung yang makan di tempat mengenakan masker dan mencuci tangan, pengelola SoMa juga memasang thermal scanner seperti di bandara. Alat pemeriksa suhu tubuh ini mendeteksi pengunjung sebelum masuk.

"Jika tempat lain hanya pakai alat ukur tembak, tapi kita pasang thermal scanner sejak corona pertama kali dilaporkan muncul. Pemeriksaan suhu tubuh ini lebih akurat," ujar Pepi.

Baca Juga: Hasil Swab Positif, Pasien di Palembang Kabur ke Empat Lawang 

2. Karyawan SoMa tempati mes pegawai selama pandemik COVID-19

SoMa Palembang Layani Makan di Tempat, Pelanggan Duduk 1,5 MeterSuasana restoran di Palembang terapkan SOP COVID-19 (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Selain menerapkan SOP kesehatan, manajemen SoMa Palembang juga memfasilitasi karyawan yang bekerja untuk tinggal di mes khusus pegawai. Pengelola memberikan satu kamar bagi setiap orang.

"Karena penularan terjadi di mana-mana, mereka bertemu banyak orang tiap hari. Jadi ini salah satu langkah kita menekan penyebaran virus corona," kata dia.

Pepi juga menyebutkan pegawainya menggunakan alat pelindung diri (APD) standar yang lengkap, demi mencegah penyebaran virus corona saat bekerja. "Masker, face shield, dan sarung tangan, juga wajib mereka kenakan," jelasnya.

Tak cukup memberikan APD, karyawan SoMa juga mendapat vitamin setiap hari. Pengelola mendorong imun dan daya tahan tubuh setiap karyawan tetap prima saat bekerja.

Baca Juga: Yuk Masak Gulai Iga Sapi, Resep Ini Bikin Bumbu Meresap ke Tulang

3. Layani pesan antar nasi kotak makan siang pesanan perusahaan

SoMa Palembang Layani Makan di Tempat, Pelanggan Duduk 1,5 MeterSuasana restoran di Palembang terapkan SOP COVID-19 (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Pepi melanjutkan, selama masa PSBB di Palembang berlangsung pihaknya mengupayakan pemasukan untuk perusahaan agar tetap stabil, yakni dengan sistem pengiriman makanan ke perusahaan melalui pesan antar.

"Makan siang rice box kebanyakan dari perbankan dan perusahaan lain juga ada. Dominan pelanggan kita yang pesan karena sudah sering ke sini, sering rapat di sini atau yang sudah tahu cita rasa menu makanan kita," tandas dia.

Baca Juga: Memilih dan Menyimpan Brokoli, Ikuti 7 Langkah Ini

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya