SMB II Palembang Tambah 3 Rute Domestik, Total 10 Penerbangan Langsung

Rute penerbangan terbaru yakni Bandung, Jogja, dan Surabaya

Palembang, IDN Times - Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang menambah rute penerbangan domestik langsung ke tiga kota. Penambahan rute itu sebagai bentuk peningkatan pelayanan serta mendorong kenaikan okupansi.

"Penambahan rute ini aktif sejak pertengahan Juli 2023. Yakni dari Palembang-Bandung, Palembang-Yogyakarta, dan Palembang-Surabaya," ujar Executive General Manager Bandara SMB II Palembang, R Iwan Inaya, melalui siaran pers yang diterima IDN Times, Rabu (26/7/2023).

Baca Juga: Penerbangan Palembang-Bandung-Palembang Dibuka Mulai 3 Juli 2023

1. Rute baru dari maskapai Super Air Jet

SMB II Palembang Tambah 3 Rute Domestik, Total 10 Penerbangan LangsungIlustrasi penumpang pesawat di Bandara SMB II Palembang (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Rute baru dari Palembang menuju tiga kota di Pulau Jawa merupakan penerbangan tambahan dari maskapai Super Air Jet. Penambaha penerbangan diharapkan bisa membantu peningkatan penumpang dari Bandara SMB II.

"Selain tiga rute itu dengan pesawat Air Jet, total ada 10 penerbangan domestik langsung dengan pesawat lainnya," kata dia.

Baca Juga: Bandara SMB II Diminta Buka Lagi Penerbangan Langsung ke Negara ASEAN

2. Okupansi di Bandara SMB II Palembang naik hingga 80 persen

SMB II Palembang Tambah 3 Rute Domestik, Total 10 Penerbangan LangsungIlustrasi wisatawan di Bandara SMB II Palembang (IDN Times/Istimewa)

Iwan mengatakan, 10 penerbangan domestik lain yang langsung ke tujuan tanpa transit dari SMB II Palembang yakni rute Palembang-Soekarno Hatta (Jakarta), Palembang-Halim Perdana Kusuma (Jakarta), Palembang-Hang Nadim (Batam), Palembang-Pangkal Pinang, Palembang-Yogyakarta, dan Palembang-Kualanamu (Medan).

"Serta rute Palembang-Surabaya, Palembang-Bandung, Palembang-Pagar Alam, dan Palembang-Way Kanan Lampung. Dengan ada rute ini, tingkat okupansi naik 80 hingga 100 persen karena penerbangan setiap hari," jelasnya.

3. Kenaikan penumpang terlihat sejak pandemik COVID-19 berakhir

SMB II Palembang Tambah 3 Rute Domestik, Total 10 Penerbangan LangsungSituasi di Bandara SMB II Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Kenaikan penumpang di Bandara SMB II Palembang mulai terlihat sejak pandemik COVID-19 berakhir, dan makin menunjukkan gairah bertambah untuk penerbangan domestik sejal pertengahan 2023.

“Karena sudah banyak kelonggaran sehingga makin leluasa untuk berpergian atau berwisata," jelas dia.

Baca Juga: Bandara SMB II Palembang Kembali Buka Penerbangan Langsung ke Saudi

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya