Comscore Tracker

Positif Corona di Sumsel Sudah 89 Kasus, PSBB Masih Dalam Diskusi

Penambahan dari 3 orang asal Palembang dan 2 dari Prabumulih

Palembang, IDN Times - Pasien terjangkit positif corona di Sumatera Selatan (Sumsel) berjumlah 89 orang per 19 April 2020. Terjadi penambahan lima orang yang dinyatakan positif yang berasal dari Palembang berjumlah tiga orang, dan Prabumulih mencapai dua orang.

Meski terjadi penambahan angka kasus positif corona setiap hari, bahkan sempat terjadi lonjakan hingga 30 orang kemarin (18/4), namun pemerintah belum berniat untuk mengajukan Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB.

"Seluruh yang terkonfirmasi positif hari ini adalah kasus lokal. Meski begitu, soal PSBB belum tapi ada kemungkinan dibahas," ujar Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Sumsel, Nur Purwoko lewat video konferensi, Minggu (19/4).

Baca Juga: [LINIMASA] Perkembangan COVID-19 di Sumsel yang Kian Meresahkan

1. PSBB berawal dari pengajuan pemerintah daerah

Positif Corona di Sumsel Sudah 89 Kasus, PSBB Masih Dalam Diskusisuara.com

Purwoko mengungkapkan, wacana usulan PSBB di Sumsel atau dua kota berstatus zona merah yakni Palembang dn Prabumulih, masih harus didiskusikan terlebih dulu dengan pemerintahan terkait.

"PSBB itu diatur oleh pemerintah, dan diajukan juga oleh pemerintah daerah, seperti Wali Kota dan Bupati melalui Gubernur kepada Menteri Kesehatan. Dari data, penyebaran di Sumsel belum merata, tapi ada kemungkinan itu," ungkap dia.

2. Sumsel belum masuk kriteria dalam PSBB

Positif Corona di Sumsel Sudah 89 Kasus, PSBB Masih Dalam Diskusisuarasurabaya.net

Kendati akan dibahas dalam diskusi bersama pemerintah daerah terkait, Purwoko mengatakan, wilayah Sumsel masih belum masuk kriteria dalam usulan PSBB. Apalagi zona merah belum menyeluruh.

"Kasus terbanyak baru Palembang dan Prabumulih. Mungkin dua daerah ini bisa PSBB, tapi setelah melakukan diskusi bersama," katanya.

Baca Juga: Cerita Penggali Kubur COVID-19 Palembang, Tegur Sapa Tetangga Hilang

3. Penyebaran COVID-19 di Sumsel sudah transmisi lokal

Positif Corona di Sumsel Sudah 89 Kasus, PSBB Masih Dalam DiskusiSimulasi penanganan jenazah pasien positif COVID-19 di Trenggalek. (IDN Times/Istimewa)

Berdasarkan data yang diterima IDN Times pada Minggu, 19 April, berikut rincian penambahan kasus pasien terjangkit COVID-19:

Kasus positif baru (5 orang):

  • Kasus 85 (32) Perempuan Kota Palembang Lokal
  • Kasus 86 (34) Laki-Laki Kota Palembang Lokal
  • Kasus 87 (76) Perempuan Kota Prabumulih Lokal
  • Kasus 88 (43) Laki-Laki Kota Prabumulih Lokal
  • Kasus 89 (37) Laki-Laki Kota Palembang Lokal

ODP total 2.540 orang
selesai pemantauan: 1.905 orang
dalam pemantauan: 635 orang

PDP total 100 orang
selesai pemantauan: 65 orang
dalam pemantauan : 35 orang
Penambahan jumlah PDP ada enam orang

Tim kesehatan di Sumsel masih melakukan pemeriksaan sejumlah sampel per Minggu (19/4). Ada 280 sampel dengan rincian hasil positif 89 orang, dan negatif 109 orang, lalu proses pemeriksaan ada 82 orang.

Sejauh ini jumlah pasien sembuh di Sumsel mencapai lima orang, sebanyak dua orang dari Ogan Komering Ilir (OKI), dua orang di Palembang dan satu orang lagi dari luar kota. Sedangkan pasien meninggal sebanyak tiga orang.

Baca Juga: Kisah Pilu Tenaga Medis Palembang, Tidur di Rumah Sakit dan Dimaki 

Topic:

  • Feny Maulia Agustin
  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya