Pemeriksaan Pasien Diduga Corona di Palembang Tunggu Hasil Litbangkes 

warga Prabumulih diduga terkena corona dievakuasi ke RSUP MH

Palembang, IDN Times -Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Mohammad Hoesin (MH) Palembang kembali mengisolasi satu pasien atas nama MY (64) dari Prabumulih, yang diduga terjangkit virus corona usai pulang dari Arab Saudi setelah menjalankan ibadah umrah.

"Pasien telah ditempatkan di ruang isolasi RSUP MH, sesuai prosedur untuk pemeriksaan kesehatan lebih lanjut oleh Tim PIE (Penyakit Infeksi Emerging). Untuk perkembangan informasi selanjutnya, kita menunggu hasil laboratorium dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Litbangkes) Kemenkes RI," kata Humas RSUP MH Palembang, Akhmad Suhaimi, Selasa (3/3).

1. Pasien terduga terindikasi setelah pulang dari tanah suci

Pemeriksaan Pasien Diduga Corona di Palembang Tunggu Hasil Litbangkes Pasien terindikasi virus corona (IDN Times/Istimewa)

Suhaimi mengungkapkan, setelah mendapatkan informasi langsung dari Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang, maka pasien tersebut langsung dievakuasi.

"Untuk perkembangan lebih lanjut saya belum tahu, nanti disampaikan. Tadi kita langsung dapat info dari grup Whatsapp, ada ciri-ciri yang mirip dari pasien setelah kepulangan dari tanah suci. Betul langsung diisolasi, tapi belum ada kepastian positif harus melalui banyak tahap," ungkap dia.

2. Saat pemeriksaan kesehatan di bandara pasien MY dinilai tidak memenuhi kriteria sehat

Pemeriksaan Pasien Diduga Corona di Palembang Tunggu Hasil Litbangkes Pasien terindikasi virus corona (IDN Times/Istimewa)

Sementara, Kepala Seksi Pengendalian Karantina dan Surveillance Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Palembang, dr Fenty menuturkan, pasien inisial MY yang terduga terpapar virus corona itu langsung dievakuasi ke RSUP MH Palembang.

"Kami lakukan monitoring kesehatan, ketika pemeriksaan pasien MY dinilai tidak memenuhi kriteria sehat, dengan hasil diagnosa Suspect-Mers- Covid-19, sehingga harus diisolasi dan kemudian dievakuasi ke RSUP MH dengan penanganan khusus sekitar pukul 14.10 WIB," tutur dia.

3. Evakuasi pasien dilakukan untuk antisipasi penyebaran virus corona

Pemeriksaan Pasien Diduga Corona di Palembang Tunggu Hasil Litbangkes Pasien terindikasi virus corona (IDN Times/Istimewa)

Fenty menerangkan, langkah cepat mengevakuasi pasien ke RSUP MH Palembang tersebut, merupakan hal penting untuk mengantisipasi penyebaran virus corona agar tidak meluas dengan cepat.

"Ini adalah bentuk antisipasi dalam merespons wabah virus corona, yang belakangan terakhir sudah menyebar ke beberapa negara termasuk Indonesia," terang dia.

Dari informasi yang dihimpun IDN Times, warga dari Prabumulih, Sumsel, MY (64), yang baru tiba di Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang, setelah menjalani ibadah umrah sekitar pukul 10.20 WIB, menggunakan maskapai Lion Air dengan nomor penerbangan (JT 89) dari Jeddah, Arab Saudi.

Baca Juga: Tiba di Bandara SMB II Palembang, Warga Prabumulih Langsung Diisolasi

Topik:

  • Sidratul Muntaha

Berita Terkini Lainnya