Palembang Pasang Saluran IPAL Pertama di Sungai Lambidaro

Pemasangan IPAL menyeluruh ditarget selesai 2025

Palembang, IDN Times - Pengerjaan pemasangan saluran Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) di Palembang sudah tahap tender dan proses awal pemasangan saluran di Sungai Lambidaro dan ditarget selesai Agustus 2023.

"Progresnya saat ini tender. Sambungan pipanya ada dari Pemkot Palembang dan dari Pemprov karena ini program sharing," ujar Wali Kota (Wako) Palembang Harnojoyo saat workshop pembangunan jaringan IPAL, di Hotel The Excelton, Senin (26/6/2023).

Baca Juga: Sriwijaya FC Latihan Perdana 3 Juli 2023 di Stadion Bumi Sriwijaya 

1. Pemasangan saluran IPAL berasal dari dana sharing dan hibah

Palembang Pasang Saluran IPAL Pertama di Sungai LambidaroPembukaan pembangunan IPAL di Palembang (IDN Times/Humas Kominfo)

Selain dari dana sharing Pemkot dan Pemprov Sumatra Selatan (Sumsel), pemasangan IPAL di Palembang juga berasal dari anggaran hibah Australia serta bantuan pemerintah pusat untuk seribu pemasangan saluran.

"Insya Allah akhir Juli nanti ataupun awal Agustus sudah selesai," kata dia.

2. Pemasangan IPAL juga dilakukan di perkantoran dan perusahaan

Palembang Pasang Saluran IPAL Pertama di Sungai LambidaroIPAL (IDN Times/Gregorius Aryodamar P)

Pemasangan IPAL juga dilakukan di perkantoran dan perusahaan. Sementara pemasangan awal di sepanjang Sungai Lambidaro jadi prioritas supaya bebas dari limbah sungai. Apalagi kawasan itu merupakan ikon Kota Pempek.

"Kalau pemasangan rumah ke rumah masih proses tender," timpal Harnojoyo. 

3. Target pemasangan IPAL di Palembang mencapai 2.100 saluran

Palembang Pasang Saluran IPAL Pertama di Sungai LambidaroPembukaan pembangunan IPAL di Palembang (IDN Times/Humas Kominfo)

Total pemasangan IPAL di Palembang mencapai 21.000 sambungan dengan target penuntasan menyeluruh tahun 2025. Pembangunan IPAL ini sebagai sanitasi sesuai program pemerintah pusat untuk Gerakan 100-0-100.

"Yaitu 100 persen akses air minum yang layak, 0 persen pemukiman kumuh dan 100 persen akses sanitasi yang layak. Kami mohon dukungan semua pihak agar program IPAL berhasil," tambah Harnojoyo.

Baca Juga: 4 Keunggulan Palembang Siap Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-17

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya