Comscore Tracker

Palembang Hujan Deras, Pohon Tumbang Timpa Rumah Hingga Tutupi Jalan

Dinas PRKP terima 20 laporan pohon tumbang!

Palembang, IDN Times - Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PRKP) Kota Palembang menerima 20 laporan pohon tumbang dan reklame roboh di beberapa sudut kota akibat hujan deras disertai angin kencang sejak siang tadi sekitar pukul 1300 WIB.

"Dari laporan camat dan lurah rata-rata pohon tua dan reklame roboh. Kawasan Musi 4, ada dua rumah penduduk yang tertimpa dan sekarang lagi dievakuasi. Satgas juga sedang menyisir di jalan-jalan lain," ujar Kepala Dinas PRKP, Affan Mahalli kepada IDN Times saat dikonfirmasi melalui telepon, Jumat (22/5).

1. Reklame roboh, petugas butuh bantuan PLN untuk mengamankan kabel-kabelnya

Palembang Hujan Deras, Pohon Tumbang Timpa Rumah Hingga Tutupi JalanPohon tumbang di Palembang (IDN Times/Istimewa)

Pengangkutan pohon tumbang langsung ditindaklanjuti tim satgas. Saat ini, imbuhnya, satgas juga masih menunggu bantuan dari pihak Perusahaan Listrik Negara (PLN) untuk mengamankan kabel-kabel listrik pada papan reklame yang roboh.

"Karena reklame ini ada aliran listrik tidak bisa sembarangan. Armada juga sigap fokus menangani pohon-pohon yang menghalangi jalan seperti di Demang Lebar Daun dan jalan protokol," kata dia.

2. Hampir semua wilayah di Palembang tertimpa pohon tumbang

Palembang Hujan Deras, Pohon Tumbang Timpa Rumah Hingga Tutupi JalanPohon tumbang di Palembang (IDN Times/Istimewa)

Beberapa titik jalan yang tertimpa pohon tumbang diantaranya yakni, Jalan Soekarno Hatta, Demang Lebar Daun, Talang Kerangga, Puncak Sekuning, POM IX, Perintis Kemerdekaan, Perum Sako Kenten, Kawasan Gandus, Kapten Abdullah dan wilayah Seberang Ulu.

"Hampir semua wilayah di Palembang ada titik roboh karena hujannya intensitas tinggi," ujar Affan.

3. Sekda Palembang turun langsung memantau lokasi pohon tumbang

Palembang Hujan Deras, Pohon Tumbang Timpa Rumah Hingga Tutupi JalanPohon tumbang di Palembang (IDN Times/Istimewa)

Informasi yang diterima IDN Times, pohon tumbang terjadi di beberapa daerah. Beberapa pohon itu menutupi badan jalan hingga menimpa rumah warga. Sekretaris Daerah (Sekda) Palembang Ratu Dewa terjun langsung ke lokasi bersama petugas untuk memantau keadaan.

"Iya Pak Dewa tadi ke Jalan Radial karena cukup banyak pohon yang tumbang akibat diterjang hujan angin. Ada sekitar 5-6 reklame roboh di kawasan KM 12," jelas Affan.

4. BMKG prediksi intensitas hujan lebat terjadi hingga malam hari

Palembang Hujan Deras, Pohon Tumbang Timpa Rumah Hingga Tutupi JalanPohon tumbang di Palembang (IDN Times/Istimewa)

Kasi Data dan Informasi BMKG Kenten, Nandang Pangaribowo menambahkan, Kota Palembang masih berpotensi diguyur hujan dengan intensitas sedang, hingga lebat. Hujan itu, imbuh Nandang, disertai angin kencang, petir, dan kilat sampai malam hari.

Sedangkan untuk Sumsel, intensitas hujan deras juga akan terjadi di beberapa kabupaten/kota, yakni Banyuasin, Muaraenim dan Prabumulih. Dampak hujan juga dapat meluas ke sebagian wilayah OKI, Ogan Ilir dan sekitarnya.

"Cuaca ekstrem merupakan iklim yang memasuki masa peralihan musim dari musim hujan ke musim kemarau. Kami telah menyampaikan kepada stakeholder dan masyarakat tentang potensi cuaca ditandai hujan intensitas lebat dan petir pada skala lokal," tambahnya.

Pihak BMKG juga mengimbau masyarakat agar selalu mewaspadai kondisi cuaca. "Berhati-hati saat berkendara, jauhi tempat yang mudah roboh atau tumbang dan yang banyak medan listrik dengan minim penangkal petir serta kondisi jalan licin,"  kata dia. 

Baca Juga: Wali Kota Palembang: Malam Lebaran Tidak Ada Takbir Keliling!

Topic:

  • Feny Maulia Agustin
  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya