Comscore Tracker

Pakai Seragam PLN, Dua Pria Palembang Ini Curi Kabel Listrik di JSC

Masuk ke JSC sebagai pengunjung

Palembang, IDN Times - Pegawai PT Jakabaring Sport City (JSC) memergoki dan menangkap dua pelaku pencuri kabel listrik PT PLN Persero Palembang sepanjang 15 meter yang ada di venue dayung. 

Mirisnya, dua pelaku yang berupaya mengambil kabel tembaga dengan berat lebih dari 10 Kg sekitar pukul 10.00 WIB itu, mengenakan seragam biru milik PT PLN. 

"Selama ini memang sudah cukup banyak kita kehilangan aset-aset, termasuk kabel PLN, bahkan bukan sekali dua kali. Ini baru terjadi, mereka (pelaku) membongkar di venue dayung yang tertangkap tangan oleh pegawai" ujar Babinsa Silaberanti, Serka Afrizal, Selasa (14/1).

1. Petugas sudah mengintai kedua pelaku sejak pagi hari

Pakai Seragam PLN, Dua Pria Palembang Ini Curi Kabel Listrik di JSCdua pelaku pencurian kabel PLN di JSC atas nama Toni Andre Setiawan dan Mona (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Afrizal mengungkapkan, awalnya dua pelaku atas nama Toni Andre Setiawan dan Mona masuk ke kawasan JSC sebagai pengunjung.

"Modusnya, mereka datang sebagai pengunjung. Tapi kami perhatikan dan mengintai mereka sejak pagi jam 08.00WIB, mereka memakai baju PT PLN Persero Palembang, serta membawa perlengkapan dari PLN seperti ingin membenarkan listrik," ungkap dia.

2. Pelaku juga sudah mengincar venue aquatic

Pakai Seragam PLN, Dua Pria Palembang Ini Curi Kabel Listrik di JSCBabinsa Silebranti Serka Afrizal (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Afrizal melanjutkan, ternyata salah satu pelaku tersebut memang sudah masuk DPO (daftar pencarian orang), karena sering melakukan hal yang sama di lokasi lain, seperti di daerah seberang Ilir dan di Pemulutan, Ogan Ilir.

"Pernah ada yang hilang di venue menembak, ini tertangkap di venue dayung. Dari pengakuan mereka, lokasi incaran selanjutnya di JSC yakni di venue aquatic. Kita sudah melapor ke PLN untuk memastikan, karena terindikasi juga dalam DPO," ujar dia.

3. Pelaku mengakui sudah sering mencuri kabel listrik

Pakai Seragam PLN, Dua Pria Palembang Ini Curi Kabel Listrik di JSCSuasana penangkapan maling kabel di JSC (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Salah satu pelaku, Toni, mengakui selama ini sudah empat kali mengambil tembaga listrik, termasuk di daerah Pemulutan. Terkait baju seragam milik PT PNL Persero, dia berkilah pernah bekerja sebagai outsourching di PT PLN.

"Ikut kerja dengan Pahlevi dan Jaya, ini kami jual ke barang bekas, per kilonya," ujar warga Talang Petai, Palembang itu.

Baca Juga: Video Buang Sampah di Sungai Musi Palembang Viral, Dua Oknum Diciduk 

4. Pihak PLN Palembang pastikan pelaku bukan karyawan

Pakai Seragam PLN, Dua Pria Palembang Ini Curi Kabel Listrik di JSCPihak PLN mendatangi PT JSC (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Sementara, Manajer Komunikasi PT PLN Palembang, Bakri menyatakan, kedua pelaku itu bukanlah pegawai PLN.

"Bukan sudah di cek, kalau masalah baju kan bisa saja mereka membuat sendiri. Tapi kami juga merasa dirugikan," kata dia.

"Memang sering seperti ini, dan kami mencari oknumnya. Ini dapat di JSC, tapi untuk orang yang sama dengan DPO, iya atau tidak belum bisa dipastikan. Kami juga sudah pernah melapor ke polres, tinggal pihak kepolisian yang mengurus," tandas dia.

 

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Topic:

  • Sidratul Muntaha

Just For You