Comscore Tracker

Mulai Oktober, Siswa Kelas 4 SD di Palembang Wajib Ikut ANBK

ANBK merupakan simulasi UN yang tidak menentukan kelulusan

Palembang, IDN Times - Dinas Pendidikan (Disdik) Palembang akan menerapkan program Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) bagi siswa-siswi kelas 4 Sekolah Dasar (SD). Kegiatan yang digelar mulai Oktober 2022 dijadikan sebagai program evaluasi pendidikan.

"Asesmen Nasional merupakan program evaluasi yang dirancang untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan menggunakan tiga instrumen," ujar Kepala Bidang SD Disdik Palembang, Juita, Kamis (22/9/2022).

Baca Juga: Kasus Penamparan Siswa Oleh Kepala Sekolah Berakhir Damai

1. ANBK berlangsung pada 24-27 Oktober 2022

Mulai Oktober, Siswa Kelas 4 SD di Palembang Wajib Ikut ANBKIlustrasi siswa Sekolah Dasar (IDN Times/Gregorius Aryodamar P)

Tiga instrumen peningkatan mutu pendidikan itu meliputi Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar. ANBK merupakan simulasi atau pengganti Ujian Nasional (UN) dan Ujian Sekolah Nasional yang tidak menentukan kelulusan siswa.

"Jadwal ANBK untuk tingkat SD digelar 24-27 Oktober untuk gelombang 1 dan 2, dengan jumlah peserta maksimal 30 orang siswa," kata dia.

Baca Juga: Palembang Bakal Aktif Edukasi Pernikahan Dini di Sekolah

2. Kelulusan siswa masih ditentukan sekolah

Mulai Oktober, Siswa Kelas 4 SD di Palembang Wajib Ikut ANBKIlustrasi belajar (ANTARA FOTO/Adeng Bustomi)

Juita menyampaikan, instrumen AKM dilakukan untuk mengukur literasi membaca dan numerisasi siswa. Kemudian Survei Karakter bertujuan untuk mengukur sikap, nilai-nilai, dan kebiasaan yang mencerminkan karakter siswa.

"Karena nilai ANBK tidak menentukan kelulusan, artinya penilaian peserta didik merupakan kewenangan pendidik dan satuan pendidikan," timpalnya.

3. Pelaksanaan ANBK diharapkan meningkatkan mutu pendidikan

Mulai Oktober, Siswa Kelas 4 SD di Palembang Wajib Ikut ANBKIlustrasi siswa sekolah dasar belajar (IDN Times)

Kendati tidak menjadi penentu kelulusan siswa, ANBK diharapkan bisa bermanfaat bagi peserta didik dan tenaga pengajar, serta bisa menciptakan hasil positif di setiap sekolah agar mutu pendidikan lebih baik.

"Semoga ini berdampak pada peningkatan mutu pendidikan SD, khususnya di Palembang" jelas dia.

Baca Juga: Dirikan Sekolah Filial Suku Anak Dalam, PT MBJ Bagikan Seragam dan Tas

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya