Comscore Tracker

Laksanakan Gugus Tugas Covid-19, Sekda Palembang: Kami Langsung Action

Berpedoman ada Keppres no 9 th 2020

Palembang, IDN Times - Sekretaris Daerah (Sekda) Palembang, Ratu Dewa menyatakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang mulai melaksanakan gugus tugas penanganan virus corona, sesuai instruksi Presiden Indonesia, Joko "Jokowi" Widodo.

"Ada 11 pernyataan bapak Presiden, kami langsung action. Kami juga telah melakukan penanganan Covid-19 sesuai arahan Gubernur Sumsel dari permintaan Presiden, yaitu berpedoman pada Keputusan Presiden (Keppres) nomor 09 tahun 2020 (gugus tugas covid-19)," ujar dia, Rabu (25/3).

1. Pemkot Palembang sudah jalankan Keppres No 9/2020

Laksanakan Gugus Tugas Covid-19, Sekda Palembang: Kami Langsung ActionRapat penanganan covid-19 di Kantor Wali Kota Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Dewa mengungkapkan, tiga poin penekanan dalam Keppres nomor 09 tahun 2020 tersebut, yakni penanganan COVID-19 melalui pengembangan sistem organisasi responsif, modal finansial dan reaksi cepat (early response).

"Kita sudah bergerak cepat dan tanggap terhadap wabah, diantaranya melakukan pencegahan penularan dengan cuci tangan, penyemprotan disinfektan, hingga rumah sakit yang memiliki ruang isolasi khusus Covid-19," ungkap dia.

2. Pemkot Palembang lakukan sinergi dengan stakeholder dan instansi

Laksanakan Gugus Tugas Covid-19, Sekda Palembang: Kami Langsung ActionSekretaris Daerah (Sekda) Palembang, Ratu Dewa (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Melalui gugus tugas tersebut, jelas Dewa, Pemkot Palembang siap bersinergi dengan seluruh instansi dan stakeholder terkait, untuk bekerja sama saat turun langsung ke lapangan.

"Tidak hanya di perkotaan Palembang saja, hingga tingkat Kelurahan dan RT juga telah telah kita berikan edukasi. Ada 400 regu dan petugas di tingkat kecamatan dan kelurahan guna memberikan informasi Keppres 09," jelas dia.

3. Palembang siapkan aplikasi khusus tanggap Covid-19

Laksanakan Gugus Tugas Covid-19, Sekda Palembang: Kami Langsung ActionSuasana Kota Palembang di pelataran Benteng Kuto Besak (BKB) (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Dewa menyampaikan, Pemkot Palembang juga telah menyiapkan aplikasi khusus, yaitu Palembang Tanggap Covid-19 dan bisa diakses oleh seluruh masyarakat kota Palembang.

"Dengan menghubungi call center 112, masyarakat bisa mengetahui semua informasi tentang Covid 19. Serta untuk sosial kemasyarakatan kita juga telah bekerja sama dengan seluruh ormas," kata dia.

Baca Juga: Kamis, Pemkot Palembang Bagikan 1 Liter Disinfektan Gratis untuk Warga

4. Pemkot Palembang minta bantuan APD untuk tenaga medis

Laksanakan Gugus Tugas Covid-19, Sekda Palembang: Kami Langsung ActionSekda Kota Palembang, Ratu Dewa (Pekan Olahraga Provinsi) Palembang, Ratu Dewa (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Kemudian, terang Dewa, Pemkot Palembang juga bakal memastikan kesediaan pangan, serta meminta bantuan alat pelindung diri (APD) dari pemerintah pusat.

"Mohon bantuan APD, untuk petugas-petugas kesehatan dan alat kesehatan lain di ruang isolasi. Kami juga mengupayakan ketahanan pangan, dengan melaksanakan rapat satgas ketahanan pangan. Alhamdulillah untuk Palembang kita masih aman dan kondusif," tandas dia.

Topic:

  • Feny Maulia Agustin
  • Sidratul Muntaha

Berita Terkini Lainnya