Kasus Aktif COVID-19 di Palembang Kini Hanya 50 Orang

Dinkes Palembang catat angka kesembuhan meningkat

Palembang, IDN Times - Kasus aktif COVID-19 di Palembang terus mengalami penurunan signifikan. Bahkan data terakhir Dinas Kesehatan (Dinkes) kota, angka terkonfirmasi positif virus corona menjalani perawatan intensif di rumah sakit hanya 50 kasus.

"Data ini kita bandingkan tiap minggu, dan per kemarin, Sabtu (9/10/2021) hanya tersisa pasien rawat inap sebanyak 50 orang," ujar Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular (PP2M) Dinkes Palembang, Yudhi Setiawan, kepada IDN Times, Minggu (10/10/2021).

Baca Juga: Dinkes Palembang Klaim PTM Aman Tanpa Kasus COVID-19

1. Angka positif COVID-19 untuk kasus baru di Palembang rendah

Kasus Aktif COVID-19 di Palembang Kini Hanya 50 Orangilustrasi seorang pasien COVID-19. (ANTARA FOTO/REUTERS/Marko Djurica)

Padahal sehari sebelumnya pada Jumat (8/10/2021), Dinkes Palembang mencatat total kasus aktif COVID-19 sebanyak 64 kasus. Angka tersebut menunjukkan penurunan kasus sembuh mengalami peningkatan dan merujuk Kota Palembang berada di kondisi aman atau masuk zona level 2.

"Berkurangnya kasus aktif di Palembang ini dikarenakan banyaknya kasus sembuh sedangkan kasus baru sedikit," kata dia.

2. Palembang masuk penyebaran rendah COVID-19

Kasus Aktif COVID-19 di Palembang Kini Hanya 50 OrangJuru Bicara Gugus Tugas Penanganan Percepatan COVID-19 di Palembang, Yudhi Setiawan (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Yudhi menambahkan, saat ini penambahan kasus terkonfirmasi baru di Palembang hanya satu kasus. Sedangkan, kasus sembuh bertambah 15 kasus. Sementara untuk kasus meninggal dunia tidak ada atau nihil.

"Palembang sekarang masih di zona kuning atau risiko rendah untuk penyebaran COVID-19," timpalnya.

3. Semua kecamatan status zona kuning

Kasus Aktif COVID-19 di Palembang Kini Hanya 50 OrangANTARA FOTO/Adeng Bustomi

Kendati wilayah saat ini menunjukkan rendah penyebaran COVID-19, Dinkes Palembang tetap meminta masyarakat tetap patuh dengan protokol kesehatan (prokes) yakni menggunakan masker, mencuci tangan dan menghindari kerumunan.

"Prokes ini upaya paling efektif untuk mencegah penyebaran COVID-19. Saat ini juga 18 kecamatan di Palembang sudah berada di zona kuning semua. Mudahan-mudahan wilayah kita segera zona hijau," tandas dia.

Baca Juga: Duel Emosi! Sriwijaya FC Lawan Semen Padang di Stadion GSJ Palembang

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya