Jelang Lebaran Penerima Booster di Sumsel Naik 2 Kali Lipat 

Ada 22 ribu orang vaksinasi dalam sehari

Palembang, IDN Times - Kewajiban vaksin booster atau sudah melakukan vaksinasi tahap ketiga bagi pemudik lebaran, membuat angka vaksinasi harian di Sumatra Selatan (Sumsel) meningkat signifikan. Bahkan dalam sehari, kenaikan angka booster mencapai dua kali lipat.

"Dalam dua minggu terakhir mencapai 22 ribu orang yang melakukan booster di semua kabupaten dan kota di Sumsel," ujar Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumsel, Fery Yanuar, Minggu (17/4/2022).

1. Kenaikan booster mulai meningkat pada Maret 2022

Jelang Lebaran Penerima Booster di Sumsel Naik 2 Kali Lipat Ilustrasi vaksin COVID-19 untuk disuntikkan ke penerima vaksin. (ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra)

Berdasarkan data Dinkes Sumsel, angka vaksinasi dosis ketiga sebelum Ramadan hanya 10 ribu orang. Namun sejak akhir Maret 2022, masyarakat yang melakukan booster lebih dari 20 ribu orang dalam sehari.

"Antusiasme dan kesadaran masyarakat ini terjadi karena dorongan mudik lebaran. Sejauh ini sudah banyak yang booster. Sebelumnya angka 15 ribu itu sudah sangat maksimal," kata dia.

Baca Juga: Booster Syarat Mudik, Warga Sumsel Berbondong Cari Vaksin Ketiga

2. Dinkes Sumsel akan tambah 600 ribu dosis

Jelang Lebaran Penerima Booster di Sumsel Naik 2 Kali Lipat Petugas kesehatan menyiapkan vaksin COVID-19 dosis ketiga yang akan disuntikkan kepada warga saat pelaksanaan vaksinasi COVID-19 Booster. (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)

Melihat animo yang cukup tinggi terhadap vaksinasi dosis ketiga, Dinkes Sumsel berinisiatif menambah pasokan hingga lebaran menjadi 600 ribu dosis bagi warga Sumsel.

"Kalau sekarang kami minta vaksin kendalanya masa expired yang sangat pendek. Sehingga kami perlu menghitungnya sesuai kebutuhan hingga lebaran nanti," jelasnya.

3. Dinkes Palembang buka posko booster di area transportasi publik

Jelang Lebaran Penerima Booster di Sumsel Naik 2 Kali Lipat Kantor Dinkes Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Semantara kata Kepala Dinkes Palembang, Fenty Aprina, pencapaian sasaran booster saat arus mudik lebaran naik hingga 50 persen. Pihaknya akan menyediakan posko vaksinasi khusus dosis ketiga di area transportasi publik.

"Akan kita siapkan posko vaksinasi seperti di bandara, stasiun dan terminal. Karena kita ingin memastikan mereka yang mudik tidak menularkan," tandas dia.

Baca Juga: Dinkes Palembang Dirikan Posko Vaksin Booster Area Transportasi Publik

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya