Comscore Tracker

Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U20, Palembang Siapkan 4 Wisata Baru

Peluang meningkatkan wisatawan tahun depan

Palembang, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang menyiapkan empat lokasi destinasi unggulan baru bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Bumi Sriwijaya. Apalagi pada 2021 mendatang, Palembang bakal menjadi salah satu tuan rumah Piala Dunia U20.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Palembang, Isnaini Madani mengatakan, tempat destinasi tersebut termasuk Sekanak Lambidaro dan beberapa lokasi yang sebelumnya telah ditetapkan sebagai wilayah pariwisata.

"Ada (destinasi) yang tinggal penataan seperti Pasar Duren Kuto, Taman Publik POM IX dan Sekanak Lambidaro Bersolek. Kemudian destinasi baru dibuka nanti Lawang Borotan, wisata budaya dan sejarah terletak di Benteng Kuto Besak (BKB)," kata dia, Jumat (10/7/2020).

1. Palembang berharap turis bisa mengulang kunjungan wisata

Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U20, Palembang Siapkan 4 Wisata BaruMasjid Agung Palembang. (IDN Times/ Deryardli Tiarhendi)

Isnaini menjelaskan, pentingnya penataan pariwisata untuk menggaet turis mengenal sejarah Palembang. Terlebih, Palembang sudah punya pengalaman dalam melaksanakan even internasional, di antaranya Asian Games 2018 lalu.

"Kami tentunya akan mempersiapkan destinasi wisata sebaik mungkin agar wisatawan yang datang berkeinginan berkunjung kembali ke Kota Palembang," jelas dia.

Baca Juga: Sektor Wisata Jadi yang Terakhir Pulih, Ini Rencana Dispar Palembang

2. Penambahan objek wisata di Palembang bakal menjadi surprise

Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U20, Palembang Siapkan 4 Wisata BaruKepala Dinas Pariwisata Palembang Isnaini Madani (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Selain empat destinasi yang sedang dalam perbaikan, rencana ke depan Dispar bakal menambah kembali tempat swafoto bagi wisatawan. Mengingat waktu persiapan menyambut pelaksanaan U20 masih cukup panjang.

"Kami akan tambah lagi yang baru tapi surprise saja," ujarnya.

Baca Juga: Piala Dunia U20, Bangku Stadion Gelora Sriwijaya Dikurangi 40 Persen  

3. Dispar pastikan Palembang tertib menerapkan protokol kesehatan

Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U20, Palembang Siapkan 4 Wisata BaruJembatan Ampera Palembang di hari pertama lebaran, Minggu (24/5/2020). (IDN Times/ Deryardli Tiarhendi)

Selain menyajikan destinasi wisata baru, pihaknya juga akan memastikan protokol kesehatan di tempat destinasi wisata di Palembang. Isnaini mengaku sudah memeriksa beberapa destinasi wisata untuk memastikan protokol kesehatan disana.

"Stigma masyarakat takut untuk berwisata akibat COVID-19. Karena itu, kami harap yang belum mematuhi protokol kesehatan segera melaksanakannya sehingga stigma masyarakat bisa hilang, dan wisatawan kembali meningkat di Palembang," tambah dia.

Baca Juga: Gelora Sriwijaya Siap Dipercantik Asal Jadi Venue Piala Dunia U-20

4. Sejak PSBB Palembang selesai, wisatawan mulai kembali menggeliat

Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U20, Palembang Siapkan 4 Wisata BaruPenampakan Sungai Sekanak Lambidaro Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Isnaini melanjutkan, kondisi wisata di Palembang mulai bergeliat sejak pencabutan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Ia menyebut animo berwisata kembali positif, baik dari sektor perhotelan, kafe, hingga destinasi wisata.

"Tapi kami imbau agar tetap mematuhi protokol kesehatan untuk mengantisipasi COVID-19, dan berharap besar peningkatan (wisatawan) nanti saat Piala Dunia U20," tandas dia.

Baca Juga: 101 Agenda Pariwisata Palembang Terhenti Akibat COVID-19

Topic:

  • Feny Maulia Agustin
  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya