Harnojoyo Klaim Restorasi Sungai Sekanak Bisa Jadi Destinasi Unggulan

2020 fisik restorasi Sungai Sekanak dimulai

Palembang, IDN Times - Sungai Sekanak Lambidaro atau lebih dikenal dengan Sungai Sekanak, akhirnya layak untuk dilakukan restorasi pada 2020 mendatang.

Diketahui, sebelumnya Sungai Sekanak yang berada di kawasan Jalan Merdeka, Kelurahan 19 Ilir, Kecamatan Bukit Kecil tersebut, merupakan satu daerah yang diupayakan untuk menarik wisatawan di Palembang.

Sayangnya, Sungai Sekanak belum mampu menarik pengunjung dengan jumlah banyak. Itu karena sungai ini masih mengeluarkan aroma tidak sedap yang menyengat dan air sungai berwarna hitam saat surut.

Baca Juga: Sering Salah Kira, Rupanya Ini Bentuk Tanjak Asli Palembang

1. Pemkot Palembang targetkan restorasi Sungai Sekanak selesai 2022

Harnojoyo Klaim Restorasi Sungai Sekanak Bisa Jadi Destinasi UnggulanHumas Pemkot Palembang

Tahun 2020 mendatang pengerjaan fisik restorasi Sungai Sekanak akan dimulai. Hal ini ditegaskan Wali Kota Palembang, Harnojoyo, setelah mendengar paparan tentang uji kelayakan Sungai Sekanak Lambidaro di Rumah Dinas Wali Kota Palembang, Rabu (26/6).

“Sudah dipaparkan uji kelayakan, hasilnya Sungai Sekanak Lambidaro sangat layak untuk dilakukan restorasi," kata Harnojoyo.

"Artinya bisa langsung dilanjutkan ke tahap berikutnya yakni DED maupun Amdal, targetnya 2020 sudah dimulai pengerjaan fisiknya dan 2022 sudah bisa dinikmati hasilnya,” sambungnya.

2. Harnojoyo janjikan Sungai Sekanak jadi wisata unggulan

Harnojoyo Klaim Restorasi Sungai Sekanak Bisa Jadi Destinasi UnggulanIDN Times/Feny Maulia Agustin

Harnojoyo mengungkapkan, pihaknya akan mengupayakan Sungai Sekanak ini menjadi destinasi unggulan dan akan dibuat memuaskan, hingga menjadi magnet wisatawan berkunjung ke Palembang.

“Kami pastikan hasilnya akan memuaskan, Sungai Sekanak Lambidaro akan menjadi sarana transportasi, dan disepanjang jalannya akan kita jadikan destinasi. Mulai dari UMKM, kuliner, hiburan, area permainan, dan destinasi lainnya sebagai wisata unggulan di Palembang,” ungkapnya.

3. Dapat sejumlah bantuan dari Pemprov Sumsel, pemerintah pusat dan organisasi dunia

Harnojoyo Klaim Restorasi Sungai Sekanak Bisa Jadi Destinasi UnggulanHumas Pemkot Palembang

Saat ditanya tentang anggaran, Harnojoyo mengatakan, belum mengetahui angka pasti. Tapi, pada saat proses DED baru dapat diketahui nilai anggaran.

"Mengenai sumber dana dari APBD Kota Palembang, lalu bantuan dari Provinsi Sumsel. Kemarin, gubernur menyatakan siap membantu, lalu dana dari Pemerintah Pusat, ada juga bantuan dari organisasi yang akan memberikan bantuan hibah untuk penataan sebesar USD20 juta ” jelas Harnojoyo.

Baca Juga: 5 Makanan Khas Palembang yang Rasanya Bikin Gagal Move On

4. Estimasi restorasi Sungai Sekanak sekitar Rp254 miliar

Harnojoyo Klaim Restorasi Sungai Sekanak Bisa Jadi Destinasi UnggulanInstagram.com

Sementara, Kepala Dinas PU PR Palembang, Bastari menuturkan, berdasarkan studi kelayakan dana yang dikeluarkan untuk merestorasi Sungai Sekanak ini jumlahnya sekitar Rp254 miliar. 

"Karena ada beberapa rekomendasi yang dikeluarkan, seperti peninggian jembatan, ada 17 titik jembatan roda empat yang harus ditinggikan, termasuk jembatan di Jalan Sudirman, lalu 23 titik jembatan roda dua yang juga harus ditinggikan, karena sungai ini akan dijadikan alat transportasi agar kapal-kapal bisa lewat," tandasnya.

Topik:

  • Sidratul Muntaha

Berita Terkini Lainnya