Petik Edelweis, Pendaki Ini Dilarang Mendaki Gunung Dempo 3 Tahun

Mereka menerobos pintu pendakian meski sudah dilarang

Pagar Alam, IDN Times - Enam pendaki remaja yang naik ke gunung Dempo di Kota Pagar Alam, Sumatra Selatan (Sumsel), disanksi pelarangan masuk ke kawasan pendakian selama tiga tahun. Keenam pelaku berinisial CS, DA, DA, OP, DM, dan DA, kedapatan memetik bunga edelweis dan kayu panjang umur.

Tumbuhan dilindungi di kawasan hutan lindung Gunung Dempo tersebut, sengaja dipetik para pelaku. Padahal dalam aturan pendakian, mereka dilarang membawa atau memetik tumbuhan di hutan.

"Mereka di-blacklist tiga tahun tidak bisa melakuan aktivitas di kawasan hutan lindung Gunung Dempo. Pendaki itu juga telah memotong, mengambil, serta membawa turun tanaman yang dilindungi, dan menerobos jalur pendakian yang tidak resmi,” ungkap Ketua Balai Registrasi Gunung Merapi Dempo (Brigade), Arindi, Rabu (17/11/2021).

1. Keenam pendaki masuk tanpa izin

Petik Edelweis, Pendaki Ini Dilarang Mendaki Gunung Dempo 3 TahunBarang bukti edelweis dan kayu panjang umur (IDN Times/istimewa)

Tak hanya perkara memetik bunga, para pendaki itu tidak melakukan registrasi saat menaiki Gunung Dempo. Pendaki ilegal ini awalnya memang dilarang untuk mendaki dan disarankan untuk berkemah di Kampung IV, tempat titik pendakian awal pada Sabtu (14/11/2021) lalu. Namun satu hari kemudian, mereka diam-diam menerobos masuk ke pintu pendakian.

"Mereka awalnya melakukan registrasi. Setelah diperiksa, mereka tak mematuhi Standar Operasional Prosedur (SOP). Anggota yang lain menyarankan berkemah saja di Kampung IV, tapi mereka justru menerobos," ujar dia.

Baca Juga: Pencari Kayu Diterkam Harimau di Taman Nasional Berbak Sembilang

2. Para pendaki di-blacklist selama tiga tahun

Petik Edelweis, Pendaki Ini Dilarang Mendaki Gunung Dempo 3 TahunGunung Dempo (Instagram.com/septianeffendi)

Anggota yang sadar keenam pendaki sudah tidak berkemah lagi, segera menyusuri jalur pendakian. Tim Brigade yang berada di jalur pendakian lain di kawasan Tugu Rimau, dihubungi untuk mengantisipasi jika terdapat pendaki ilegal tersebut turun. Setelah ditunggu, keenam pendaki pun turun dan langsung diangkankan ke Kampung IV.

"Setelah kita periksa tas mereka, benar saja banyak bunga edelweis dan kayu panjang umur di sana. Keenam pendaki langsung dilarang untuk mendaki Dempo selama tiga tahun," ujar dia.

Baca Juga: Petik Tanaman di Gunung Dempo, 10 Pendaki Kena Blacklist

3. Pendaki meninggalkan sampah di gunung

Petik Edelweis, Pendaki Ini Dilarang Mendaki Gunung Dempo 3 TahunPemandangan lembah Gunung Dempo dari puncak Merapi Dempo, Pagaralam/IDN Times/Sidratul Muntaha

Menurut Arindi,sudah lebih dari 20 pendaki sejak awal tahun 2021 yang di-blacklist melakukan kesalahan sama. Mereka nekat menerobos melakukan pendakian. Kesalahan mereka juga turut dianggap fatal dengan memotong tumbuhan endemik Dempo tanpa izin.

"Mereka juga meninggalkan sampah di gunung Dempo," tutup dia.

Baca Juga: 11 ABG Kena Sanksi Dilarang Mendaki Gunung Dempo Selama 2 Tahun

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya