Gubernur Sumsel Minta Exit Tol Dibangun di Tiap Daerah Perlintasan

Exil tol diyakini bisa meningkatkan perekonomian daerah

Palembang, IDN Times - Gubernur Sumatra Selatan (Sumsel), Herman Deru, meminta kesepakatan para pejabat daerah di kabupaten dan kota untuk mendukung program pembangunan Exit Tol di daerah perlintasan Jalan Tol Trans-Sumatra (JTTS).

Menurut Deru, kehadiran pintu keluar jalan tol yang ada di setiap daerah bisa membangkitkan ekonomi. Ia berharap hal itu bisa diterapkan dalam pembangunan selanjutnya.

"Untuk membantu peningkatan perekonomian daerah, perlu ada exit tol di setiap wilayah perlintasan. Akan terdampak perekonomiannya jika ada aktivitas di Jalinteng dan Jalintim," ujarnya saat Rapat Koordinasi Regional II Penguatan Kontribusi Daerah dalam Penuntasan Pembangunan JTTS, Kamis (9/6/2022).

1. Masyarakat merasakan dampak pembangunan exit tol

Gubernur Sumsel Minta Exit Tol Dibangun di Tiap Daerah PerlintasanIlustrasi pembangunan jalan tol. ANTARA FOTO/Irwansyah Putra

Deru mengajak semua Bupati, Wali Kota (Wako), hingga Gubernur daerah tetangga, agar mendukung pembangunan Exit Tol demi meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Tentunya masyarakat yang mendapat pengaruhnya dari pembangunan jalan tol ini," kata dia.

Baca Juga: Viral Video Petugas Tol Sumsel Diduga Pungli, Ini Penjelasan Waskita

2. Minta pemerintah di daerah aktif terlibat

Gubernur Sumsel Minta Exit Tol Dibangun di Tiap Daerah PerlintasanGubernur Sumsel Herman Deru (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Ia juga berharap setiap daerah yang akan dibangun Exit Tol, turut terlibat dan berkontribusi agar tidak terlalu membebani investor jalan tol.

"Itulah peran daerah agar ekonomi dijemput, jangan menunggu, kita yang harus aktif dalam hal ini," timpalnya.

Baca Juga: 15 Kilo Sabu Digagalkan Masuk Sumsel Lewat Tol

3. Exit Tol juga mempermudah akses transportasi warga

Gubernur Sumsel Minta Exit Tol Dibangun di Tiap Daerah PerlintasanIlustrasi jalan Tol (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)

Menurutnya selain meningkatkan ekonomi daerah, pembangunan Exit Tol di setiap wilayah perlintasan juga mempermudah akses pengendara untuk keluar dan masuk kabupaten maupun kota.

"Desa-desa di Sumsel ini kan banyak yang masuk dalam perlintasan jalan tol. Supaya mudah akses trasportasinya bagi warga," tandas dia.

Baca Juga: Pidsus Kejati Sumsel Selidiki Dugaan Korupsi Pembebasan Lahan Tol Kayuagung

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya