Front Office di Sejumlah Hotel Palembang Mulai Tersaji Sanitizer 

Jumlah pengunjung belum berdampak signifikan

Palembang, IDN Times - Sejumlah hotel di Kota Palembang turut menyiapkan sanitizer sebagai bagian dari upaya pencegahan penyebaran virus corona. Seperti terlihat di Hotel 101 di Jalan Rajawali Palembang, yang menempatkan sanitizer di front office.

General Manager Hotel 101 Palembang, Anzar Maulana mengatakan, para tamu diwajibkan memakai sanitizer di lingkungan hotel, sebagai upaya menjaga kondisi kebersihan tubuh.

"Sejak awal tahun kami telah menerima imbauan mulai melakukan screening tamu. Makanya setiap tamu ke sini kami persilakan menggunakan cairan sanitasi yang disediakan," kata dia, Rabu (4/3).

1. Karyawan diberi pelatihan kesehatan

Front Office di Sejumlah Hotel Palembang Mulai Tersaji Sanitizer Antisipasi Corona, Hotel di Palembang Beri Sanitizer dan Masker ke Pengunjung (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Anzar mengatakan, pihaknya juga memberi pelajaran prosedur keamanan kebersihan terhadap karyawan dan bekerja sama dengan rumah sakit.

"Kami lakukan pelatihan karyawan melalui dokter dari Rumah Sakit Siloam dan belajar membahas bagaimana kebersihan yang baik di lingkungan hotel ," kata dia.

2. Karyawan siapkan masker untuk tamu

Front Office di Sejumlah Hotel Palembang Mulai Tersaji Sanitizer General Manager Hotel 101 Palembang, Anzar Maulana (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Anzar menerangkan, manajemen hotel juga menyediakan properti tambahan berupa masker untuk tamu yang menginap, serta mengutamakan kondisi kesehatan para karyawan.

"Kami juga memperhatikan kesehatan pegawai, bagaimana imun atau kekebalan tubuh mereka. Jadi tamu maupun karyawan semua sehat. Khusus tamu kami persiapkan masker untuk antisipasi," terang dia.

Baca Juga: Wako Palembang: Bukan Corona Saja Harus Dijaga, Penyakit Lain Juga

3. 80 persen pengunjung merupakan wisatawan lokal

Front Office di Sejumlah Hotel Palembang Mulai Tersaji Sanitizer Antisipasi Corona, Hotel di Palembang Beri Sanitizer dan Masker ke Pengunjung (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Anzar melanjutkan, dari total 136 kamar di Hotel 101 Palembang, belum merasakan dampak pengurangan jumlah pengunjung, kendati isu virus corona sudah merebak di Palembang.

"Dibanding di Denpasar dan Yogyakarta, perubahannya tidak terlalu siginifikan, karena tamu kita 80% wisatawan lokal. Meski demikan, kami tetap memberi standar pelayanan internasional. Sebab virus corona bisa menular ke siapa pun," tandas dia.

Topik:

  • Sidratul Muntaha

Berita Terkini Lainnya