Disdik Sumsel Perpanjang Waktu Belajar di Rumah Hingga 25 April

Sesuai surat edaran Gubernur Sumsel Herman Deru

Palembang, IDN Times - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) melalui Dinas Pendidikan (Disdik) Sumsel kembali mengeluarkan surat edaran perpanjangan waktu belajar siswa di rumah akibat masih meluasnya pandemi Virus Corona atau COVID-19.

"Semua aktivitas belajar PAUD, TK, SD, SMP, SMA, SMK dan SLB sudah kita putuskan dan edarkan suratnya dari Gubernur Sumsel Herman Deru untuk perpanjangan belajar di rumah. Jadi belajar daring sampai 25 April 2020," ujar Plt Kepala Dinas Pendidikan Sumsel, Riza Pahlevi, Rabu (1/4).

1. Sekolah harus segera melaporkan dan menyampaikan informasi terbaru

Disdik Sumsel Perpanjang Waktu Belajar di Rumah Hingga 25 April(Ilustrasi aktivitas di sekolah) IDN Times/Feny Maulia Agustin

Riza mengatakan, dengan sudah adanya surat edaran tersebut. Sebaiknya para Kepala Sekolah segera melaporkan dan menyampaikan informasi terbaru langsung kepada para guru SMK/SMA dan SLB di kabupaten/kota masing-masing di Sumsel.

"Bisa langsung share via WhatsApp atau kontak langsung informasinya supaya mereka (siswa) tidak ketinggalan informasi," kata dia.

2. Tetap imbau siswa dan guru untuk tidak berpegian ke luar kota

Disdik Sumsel Perpanjang Waktu Belajar di Rumah Hingga 25 Aprililustrasi siswa-siswi SMA mengerjakan ujian akhir semester (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Meskipun waktu belajar di rumah diperpanjang, sambung Riza, dirinya tetap mewanti-wanti agar proses belajar daring benar-benar dilakukan dan tidak membuat para siswa maupun guru berpergian atau berlibur ke luar kota.

"Manfaatkan dengan baik, sesuai dengan materi ajar dari para guru bidang studi masing-masing, jangan sampai masa daring ini digunakan untuk liburan, mudik dan jalan-jalan. Tetap kami pantau dan imbau untuk belajar di rumah," sambungnya.

3. Sekolah diminta tetap dibuka dengan jadwal bergantian

Disdik Sumsel Perpanjang Waktu Belajar di Rumah Hingga 25 Aprililustrasi belajar online (IDN Times/Mela Hapsari)

Meski siswa tidak belajar di sekolah, Disdik memerintahkan agar instansi pendidikan tetap aktif dan dibuka. Jam kerjanya dilakukan secara bergilir (shift) baik untuk karyawan maupun operator. 

"Ini untuk berjaga di sekolah jika ada surat-menyurat atau informasi penting. Sekolah tetap buka, tapi guru mengajar secara daring di rumah masing-masing," tambah dia.

4. Wali Kota Palembang minta guru dan siswa berperan aktif

Disdik Sumsel Perpanjang Waktu Belajar di Rumah Hingga 25 April(Ilustrasi aktivitas di Sekolah) IDN Times/Feny Maulia Agustin

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan Palembang Ahmad Zulinto melanjutkan, untuk waktu belajar daring PAUD hingga SMP yang semula dijadwalkan masuk pada 6 April 2020 juga ikut diperpanjang sampai 25 April 2020.

"Jadi belajar daring sesuai dengan arahan Wali Kota Palembang diperpanjang kepada guru- guru agar berperan aktif memberikan tugas-tugas lanjutan kepada peserta didik baik melalui media daring,WA dan sebagainya," tandas dia.

Baca Juga: Gubernur Sumsel Tolak Karantina Wilayah, Cukup Isolasi Lingkungan

Topik:

  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya