Disdik Sumsel Ancam Skorsing Siswa Sekolah Terlibat Tawuran

Tawuran pelajar di Palembang merenggut 1 nyawa 

Palembang, IDN Times - Dinas Pendidikan Sumatra Selatan (Disdik Sumsel) menindaklanjuti kasus tawuran antar siswa yang terjadi di Jalan Demang Lebar Daun Palembang, Minggu (15/1/2022).

"Tawuran adalah salah satu kegiatan melanggar hukum. Apabila kedapatan siswa tawuran maka akan diberikan sanksi jera," ujar Kepala Disdik Sumsel, Riza Pahlevi, Senin (16/1/2022).

Baca Juga: Tawuran di Palembang Memakan Korban, 1 Orang Remaja Tewas Dibacok

1. Minta siswa tidak melakukan aksi melanggar hukum

Disdik Sumsel Ancam Skorsing Siswa Sekolah Terlibat TawuranIlustrasi pengenalan lingkungan sekolah di salah satu sekolah negeri Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Menurutnya, upaya mencegah siswa melakukan tawuran di luar sekolah adalah mengedukasi serta memberi pelajaran. Apalagi tawuran yang terjadi kemarin menimbulkan korban jiwa.

"Jangan tawuran, berkerumun, dan melakukan perbuatan melanggar hukum. Siswa tertangkap tawuran akan kita skorsing dari sekolah," kata dia.

Baca Juga: Tawuran di Palembang Tewaskan 1 Orang Dipicu Saling Ejek di Instagram

2. Disdik Sumsel menyayangkan aksi tawuran antar pelajar

Disdik Sumsel Ancam Skorsing Siswa Sekolah Terlibat TawuranIlustrasi bentrokan (IDN Times/Mardya Shakti)

Berita sebelumnya, seorang remaja tewas pada dini hari karena menjadi korban tawuran. Aksi kekerasan terjadi di sebuah restoran cepat saji di Jalan Demang Lebar Daun Palembang.

"Tawuran ini sangat disayangkan mengapa bisa terjadi. Apalagi sampai hilang nyawa," timpalnya.

3. Disdik Sumsel siapkan sanksi tegas sesuai aturan

Disdik Sumsel Ancam Skorsing Siswa Sekolah Terlibat TawuranKepala Dinas Pendidikan Sumatra Selatan (Disdik Sumsel), Riza Fahlevi (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Riza mengatakan, ia telah memanggil siswa bersangkutan agar tidak melakukan kegiatan yang kurang sepatutnya dilakukan seorang pelajar.

“Kita sudah siapkan sanksi tegas sesuai aturan jika ditemukan siswa yang melanggar," jelas dia.

4. Imbau siswa dan orangtua murid lakukan kegiatan positif

Disdik Sumsel Ancam Skorsing Siswa Sekolah Terlibat TawuranIlustrasi kegiatan belajar mengajar siswa-siswi SMA. (ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas)

Ia juga berharap para orangtua murid dapat mendukung dan membantu mengatasi masalah tawuran dengan berkoordinasi pihak sekolah, agar hal serupa tak lagi terulang.

“Jangan lakukan kegiatan yang sifatnya merugikan diri sendiri dan orang lain. Lakukan kegiatan positif yang sifatnya bermanfaat bagi pelajar maupun orang lain yang ada di sekitarnya," katanya.

Baca Juga: Alat Kelamin Kena Tombak, Pemuda di Palembang Seketika Tewas

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya