Dinkes Palembang Prioritas Anak dengan Komorbid Menerima Vaksin

Dari 192.667 anak di Palembang, baru 254 orang terima vaksin

Palembang, IDN Times - Dinas Kesehatan (Dinkes) Palembang sudah melakukan vaksinasi COVID-19 bagi anak-anak dan remaja usia minimal 12 hingga 17 tahun sejak Jumat (2/6/2021) lalu. Namun karena dosis terbatas, pihaknya memilih prioritas penerima vaksin.

"Mengingat stok vaksin saat ini tinggal 60 ribu orang, kami masih memprioritaskan sasaran vaksinasi yang punya komorbid, termasuk untuk anak-anak. Karena sasaran utama belum terealisasi 100 persen," ujar Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes Palembang, dr Mirza Susanty kepada IDN Times, Selasa (6/7/2021).

1. Dosis vaksinasi untuk anak 0,5 mililiter

Dinkes Palembang Prioritas Anak dengan Komorbid Menerima VaksinIlustrasi vaksinasi COVID-19 (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Meski mengutamakan vaksinasi COVID-19 bagi anak dengan komorbid atau penyakit penyerta, Dinkes Palembang tetap berhati-hati saat proses skrining, termasuk memastikan kondisi tubuh mereka dalam keadaan sehat.

"Dalam vaksinasi, dosis yang diberikan juga hanya setengah mililiter. Anak yang akan vaksin harus didampingi orangtua," kata dia.

Baca Juga: Baru 254 Orang Anak 12-17 Tahun di Palembang Terima Vaksin

2. Target vaksinasi anak di Palembang mencapai 192 ribu orang

Dinkes Palembang Prioritas Anak dengan Komorbid Menerima VaksinIlustrasi vaksinasi COVID-19 (IDN Times/Herka Yanis).

Berdasarkan data Dinkes Palembang, penerima vaksinasi COVID-19 untuk anak-anak dan remaja merupakan siswa sekolah SD, SMP, hingga SMA.

"Dari target 192.667 orangm baru 254 yang sudah divaksin. Secara keseluruhan ada 190 ribu lebih siswa di Palembang, yakni 30.243 siswa SD dan 84.629 siswa SMP," timpalnya.

Baca Juga: Belajar Tatap Muka Palembang Ditunda karena Kenaikan Kasus Positif

3. Disdik Palembang minta penerima vaksinasi siswa mencapai 80 persen

Dinkes Palembang Prioritas Anak dengan Komorbid Menerima VaksinIlustrasi petugas bersiap menyuntikkan vaksin COVID-19 kepada penerima vaksin COVID-19 (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Palembang, Ahmad Zulinto menambahkan, pihaknya berharap Dinkes segera mencapai target realisasi vaksinasi COVID-19 bagi siswa. Sebab syarat tatap muka adalah 80 persen murid dan guru sudah menerima vaksinasi.

"Baiknya juga agar terkoordinasi disiplin, vaksinasi untuk siswa ini dilakukan di sekolah saja agar lebih mudah. Kami juga koordinasi soal jumlah ketersediaan vaksin ke Dinkes, berapa siswa yang bisa divaksin dalam bulan ini," tandas dia.

Baca Juga: Catat, Lokasi Vaksinasi COVID-19 Bagi Anak di Palembang

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya