Dermaga 7 Ulu Sungai Musi Ditabrak Tongkang Batu Bara

Tiga ketek dan Plaza Dermaga 7 Ulu Palembang rusak

Intinya Sih...

  • Dermaga 7 Ulu Palembang rusak karena ditabrak kapal tongkang pengangkut batu bara
  • Plaza Dermaga 7 Ulu tidak bisa digunakan karena tiang yang patah, juga ada tiga ketek yang rusak
  • Kapal tongkang menabrak dermaga milik Pemkot Palembang dan aset Kementerian Perhubungan

Palembang, IDN Times - Dermaga 7 Ulu Palembang sebagai salah satu kawasan wisata dan lokasi kapal berlabuh serta tempat bongkar muat barang di Sungai Musi, mengalami kerusakan cukup parah akibat ditabrak kapal tongkang pengangkut batu bara.

Plaza Dermaga 7 Ulu yang biasanya menjadi area naik dan turun penumpang kapal menuju jalur Sungai Musi Palembang dan kawasan transportasi air Kota Pempek, sementara tidak bisa digunakan karena sejumlah tiang yang patah. Namun dipastikan tidak ada korban jiwa karena peristiwa tersebut.

Baca Juga: Nahkoda Tugboat yang Karam di Sungai Musi Ditemukan Meninggal Dunia

1. Polairud Palembang sudah melakukan penanganan awal di Dermaga 7 Ulu

Dermaga 7 Ulu Sungai Musi Ditabrak Tongkang Batu BaraDermaga 7 Ulu Palembang ditabrak tongkang batubara (IDN Times/Istimewa)

Selain bangunan Plaza Dermaga 7 Ulu Palembang yang mengalami kerusakan, ada tiga perahu kecil atau ketek yang juga terkena hantaman tongkang batu bara.

Peristiwa itu terjadi karena kabel tongkang pengangkut batu bara putus, sehingga tongkang tak dapat berhenti dan melaju menabrak arah plaza Dermaga 7 Ulu Palembang pada Selasa (2/1/2024) sekitar pukul 06:30 WIB.

"Polairud telah melakukan penanganan, dan kami menyerahkan sepenuhnya kepada pihak berwajib," ujar Kepala Bidang Perhubungan Laut ASDP dari Dinas Perhubungan Palembang, Nihar Manzah.

Baca Juga: Pria Paruh Baya Tewas Tenggelam Usai Pamit Mandi di Sungai Musi

2. Tongkang batu bara melaju tanpa arah

Dermaga 7 Ulu Sungai Musi Ditabrak Tongkang Batu BaraDermaga 7 Ulu Palembang diresmikan 15 Juli 2023 (Dok. Kominfo Palembang)

Plaza Dermaga 7 Ulu Palembang baru diresmikan Pemerintah Kota (Pemkot) pada 15 Juli 2023 dan kondisi terbaru di lokasi kejadian, area peristiwa sudah dipasang gsris polisi menandakan kawasan bahaya.

"Selain menabrak Plaza Dermaga 7 Ulu, kapal tongkang itu juga menabrak dermaga milik Pemkot Palembang, dan berdasarkan informasi yang kami terima kabel tali tongkang pengangkut batu bara tersebut putus sehingga melaju tanpa arah dan menabrak dermaga," jelasnya.

3. Dua aset pemerintah rusak

Tongkang batu bara yang menabrak Plaza Dermaga 7 Ulu Palembang sudah kembali ke pangkalan. Pemkot serta pihak kepolisian akan melakukan pengecekan lebih lanjut termasuk memeriksa saksi yang berada di lokasi saat kejadian berlangsung.

"Kami ikuti pihak berwajib, bagaimana arahnya dan proses hukumnya. Namun, yang jelas kerusakan ini harus diperbaiki karena ada dua aset yang rusak. Aset Pemkot dan aset milik Kementerian Perhubungan yakni Dermaga 7 Ulu," kata Nihar.

Baca Juga: Duel Pemuda Berujung 1 Tewas, Pelaku Lompat ke Sungai Musi

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya