Cara Daftar CASN 2024 dan Tahapan Pengisian Data, Cek di sini!

Pelamar wajib daftar akun SSCASN

Intinya Sih...

  • Penerimaan CASN 2024 resmi dibuka mulai 20 September-13 Agustus.
  • Pelamar wajib memiliki akun SSCASN dan mengunggah swafoto diri serta dokumen pendukung dalam format PDF.
  • Dokumen penting yang diperlukan antara lain ijazah, STR, e-KTP, surat keterangan disabilitas, pas foto berwarna, sertifikat cumlaude, dan surat pernyataan tidak pindah tugas.

Palembang, IDN Times - Penerimaan Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2024 resmi dibuka mulai 20 September-13 Agustus dan sejumlah instansi pemerintahan provinsi, daerah dan kementrian sudah menyiapkan formasi dan kuota masing-masing sesuai kebutuhan.

Bagi pelamar yang ingin mendaftar, syarat wajib mengikuti tahapan CASN 2024 harus memiliki akun SSCASN dan sistem pendaftaran diakses secara online dari portal resmi penerimaan CASN berdasarkan ketetapan pemerintah pusat.

Berikut cara daftar CASN 2024 dan tahapan pengisian data yang benar, cek disini!

1. Pelamar log in akun SSCASN menggunakan nomor NIK

Cara Daftar CASN 2024 dan Tahapan Pengisian Data, Cek di sini!Kantor BKN Regional VII Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Sebelum membuat akun, pelamar bisa memastikan pembukaan formasi dan kuota dari masing-masing lembaga pemerintahan lewat situs berikut, Badan Kepegawaian Negara (BKN), SSCASN, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan), serta informasi dari Badan Kepegawaian Daerah (BKD) tiap wilayah.

Calon pelamar diwajibkan membuat akun SSCASN terlebih dahulu sebagai syarat awal pendaftaran. Akun tersebut dibuat menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK), nomor Kartu Keluarga (KK), atau NIK Kepala Keluarga. Setelah akun dibuat, pelamar dapat melakukan login ke portal SSCASN.

"Log in menggunakan NIK dan kata sandi yang telah didaftarkan," ujar Kepala Bidang Informasi Kepegawaian Badan Kepegawaian Negara (BKN) Palembang Yuli Novianti, Kamis (22/8/2024).

2. Pelamar harus menyiapkan surat lamaran ke instansi yang dituju

Cara Daftar CASN 2024 dan Tahapan Pengisian Data, Cek di sini!ilustrasi CAT (instagram.com/@bkngoidofficial)

Tahapan lanjutan setelah memiliki akun SSCASN, pelamar diwajibkan mengunggah swafoto diri dengan menunjukkan identitas Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan kartu informasi akun yang telah dibuat sebelumnya. Kemudian, pelamar mengisi biodata pribadi, pemilihan instansi, jenis formasi, pendidikan, dan jabatan yang diinginkan.

Dokumen pendukung yang perlu diunggah harus dengan format PDF dan lampiran dokumen merupakan berkas asli scan berwarna. Selanjutnya, untuk memastikan kelancaran proses seleksi, pelamar juga sudah harus menyiapkan surat lamaran dan dokumen lain.

Contoh lampiran surat lamaran yang ditujukan kepada Gubernur Sumsel, apabila melamar di formasi Provinsi Sumsel. Surat ini harus diketik menggunakan komputer, ditandatangani, dan dibubuhi e-meterai Rp10 ribu sesuai format yang ditetapkan.

Baca Juga: Instansi CPNS yang Sepi Peminat, Peluang Lolos Lebih Besar!

3. Daftar dokumen penting yang perlu dilampitrkan saat mendaftar di akun SSCASN

Cara Daftar CASN 2024 dan Tahapan Pengisian Data, Cek di sini!Kepala Bidang Informasi Kepegawaian Badan Kepegawaian Negara (BKN) Kantor Regional (Kanreg) VII Palembang Yuli Novianti (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Berikut daftar dokumen penting lainnya yang diperlukan ketika melamar CASN 2024:

  • Ijazah dan Transkrip Nilai. Ijazah pendidikan terakhir dan transkrip nilai yang sesuai dengan formasi jabatan yang dilamar. Dokumen ini harus asli dan discan dalam format PDF.
  • Surat Tanda Registrasi (STR)
    Bagi pelamar di formasi tenaga kesehatan, STR merupakan syarat wajib yang harus dilampirkan. STR ini harus asli dan discan dalam format PDF.
  • Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP)
    e-KTP atau Surat Keterangan telah melakukan perekaman kependudukan yang dikeluarkan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. Dokumen ini harus asli dan discan dalam format PDF.
  • Surat Keterangan Disabilitas
    Khusus untuk pelamar yang menyandang disabilitas, mereka diwajibkan melampirkan surat keterangan asli dari dokter rumah sakit pemerintah atau puskesmas yang menjelaskan jenis dan derajat kedisabilitasan.
  • Pas Foto Berwarna
    Pas foto terbaru dengan latar belakang merah. Pas foto ini harus sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  • Sertifikat Cumlaude
    Bagi pelamar dengan predikat lulusan terbaik (cumlaude), harus mengunggah sertifikat atau tangkapan layar dari Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti) atau Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) yang menunjukkan akreditasi perguruan tinggi dengan status unggul atau A pada saat kelulusan.
  • Surat Pernyataan Tidak Pindah Tugas
    Pelamar juga harus melampirkan surat pernyataan yang berisi komitmen untuk mengabdi dan tidak mengajukan pindah tugas ke instansi lain selama minimal 10 tahun setelah diangkat menjadi PNS di lingkungan Pemprov Sumsel. Surat ini juga harus ditandatangani dan dibubuhi e-meterai Rp10 ribu.

"Setelah seluruh dokumen diunggah, proses seleksi akan dilanjutkan dengan beberapa tahapan, mulai dari seleksi administrasi, tes seleksi kompetensi dasar (SKD), hingga tes seleksi kompetensi bidang (SKB). Semua tahapan ini dilakukan secara transparan dengan pengawasan ketat dari berbagai pihak, termasuk Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB). Pengumuman hasil seleksi administrasi akan diumumkan secara resmi melalui situs yang sama dengan pendaftaran, yakni SSCASN," jelas Yuli.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Platform Bimbel Persiapan CPNS 2024

Topik:

  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya