Camat Kemuning Klarifikasi Sumber Harta dan Pelesiran ke Luar Negeri

Imran mengakui hartanya dominan dari istri seorang selebgram

Palembang, IDN Times - Camat Kemuning Palembang, M Imran, akhirnya bersuara setelah video gaya hedon serta harta kekayaan dan kemegahan rumahnya viral di media sosial Instagram maupun TikTok. Imran mengklarifikasi bahwa kekayaan yang ia punya bukan dari harta tunggal miliknya.

Imran menegaskan jika harta kekayaan keluarganya lebih banyak bersumber dari istri. Menurut Imran, istrinya sebagai selebgram lokal Kota Pempek lebih dikenal dengan nama Indah Mujaer. Imran berani diperiksa oleh Inspektorat Palembang terkait harta yang ia punya.

"Istri saya punya usaha dan bisnis jastip (jasa titip). Setiap jastip, kami bisa mendapatkan untung sekitar Rp200 ribu bahkan lebih untuk satu produk. Barang yang kami bawa dari luar negeri ke Indonesia ini telah terdaftar dan biaya impornya kami yang urus," kata dia, Senin (12/6/2023).

Baca Juga: Viral Pejabat Palembang Pamer Rumah Mewah, Ternyata Seorang Camat

1. Istri Camat Kemuning mendapat Rp100 juta dalam sebulan

Camat Kemuning Klarifikasi Sumber Harta dan Pelesiran ke Luar NegeriViral Video Hedon Pejabat Pemkot Palembang Ternyata Camat Kemuning (IDN Times/Tangkapan layar)

Selain bisnis jastip yang dijalankan keluarga Imran, sumber uang dan rumah mewah di Gandus Palembang juga berasal dari jerih payah istrinya. Istri Imran menjadi brand ambasador klinik kosmetik dan perawatan kecantikan.

"Kami sering pelesiran sekalian untuk jastip. Bahkan penghasilan istri saya dari kontrak dengan Bening Klinik selama satu bulan bisa mencapai Rp100 juta lebih," ungkapnya.

Baca Juga: Gegara Bansos, Camat Ogan Ilir Dikejar Warga dengan Parang

2. Harta kekayaan Camat Kemuning berasal dari istri

Camat Kemuning Klarifikasi Sumber Harta dan Pelesiran ke Luar NegeriViral Video Hedon Pejabat Pemkot Palembang Ternyata Camat Kemuning (IDN Times/Tangkapan layar)

Imran menerangkan, semua kekayaan dan harta yang ia punya adalah harta bersama. Salah satu aset bersama sang istri dan keluarga adalah lahan tanah yang dia punya. Tanah tersebut merupakan pemberian mertua saya.

"Saya juga ikut berkontribusi dalam pembangunan, akan tetapi masalah dana mayoritas berasal dari istri. Saya siap untuk diperiksa (dipanggil Inspektorat Palembang)," timpal dia.

3. Camat Kemuning tak melaporkan harta kekayaan sejak 2019

Camat Kemuning Klarifikasi Sumber Harta dan Pelesiran ke Luar NegeriViral Video Hedon Pejabat Pemkot Palembang Ternyata Camat Kemuning (IDN Times/Tangkapan layar)

Berdasarkan data e-LHKPN yang dirilis Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), ternyata Imran terakhir kali melaporkan kekayaanya pada 2018. Laporan yang diterima KPK berisi laporan harta dan kekayaan yang dimiliki Imran saat menjabat Camat Sematang Borang.

Harta kekayaan yang dimiliki Camat Kemuning tercatat di e-LHKPN sebesar Rp1.620.791.389. Dari jumlah harta kekayaan tersebut, paling banyak berupa tanah dan bangunan sebesar Rp1,6 miliar, dengan rincian tanah dan bangunan yang berada Palembang seluas 150 meter persegi.

Kemudian aset tanah lainnya seluas 320 meter persegi dari hasil sendiri senilai Rp300 juta. Selanjutnya ada juga tanah dengan luas 5.690 meter persegi hasil sendiri dengan nilai aset Rp600 juta. Lalu setelah tahun 2019 hingga 2022 Imran tidak melaporkan harta kekayaan yang ia punya.

Baca Juga: Sumsel Modifikasi Cuaca dengan Penyemaian Garam Cegah Karhutla

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya