BPJS Palembang Kurangi Layanan di Kantor, Warga Keluhkan Respon Online

Layanan lain melalui call center dan mobile JKN

Palembang, IDN Times - Kantor Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan di Jalan R. Soekamto Cabang Palembang, hanya membuka layanan tatap muka untuk peserta penerima iuran bantuan (PBI) yang dibayarkan oleh pemerintah.

Menurut Kepala BPJS Kesehatan Cabang Palembang, Muhammad Fakhriza, pihaknya saat ini tak melayani peserta lain untuk datang ke kantor sebagai upaya mencegah penularan COVID-19.

"Layanan untuk peserta mandiri dan lainnya dapat melalui WhatsApp, BPJS Care Center di hotline 1500400 ataupun aplikasi Mobile JKN," ujarnya kepada IDN Times, Senin (24/8/2029).

1. Pihak BPJS Kesehatan minta masyarakat sabar menunggu tanggapan online

BPJS Palembang Kurangi Layanan di Kantor, Warga Keluhkan Respon OnlineKantor BPJS Kesehatan di Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Adanya pembatasan layanan merupakan langkah mengurangi kerumunan di kantor. Sedangkan menyoal keluhan masyarakat ramai mengantre, pihaknya menyebut agar peserta selain PBI memanfaatkan fasilitas online dan sabar menunggu konfirmasi tanggapan pegawai BPJS Kesehatan.

Pantauan IDN Times di lapangan, antrean panjang sempat terjadi di pagi hari karena sebagian masyarakat belum mengetahui bila layanan BPJS Kesehatan Cabang Palembang tanpa tatap muka.

Baca Juga: 1 Karyawan BPJS Palembang Positif COVID-19, Layanan Setop 3 Hari

2. Masyarakat harus bertanya jelas sesuai kebutuhan

BPJS Palembang Kurangi Layanan di Kantor, Warga Keluhkan Respon OnlineKantor BPJS Kesehatan di Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Wulandari warga Talang Jambe mengatakan, dirinya tidak menerima informasi jelas kalau BPJS Kesehatan Palembang membuka pelayanan peserta mandiri secara online. Setelah mendapatkan arahan petugas, akhirnya ia terdaftar sebagai peserta mandiri usai menunggu tiga jam.

"Daftar peserta baru punya adik, katanya setelah WhatsApp ke nomor di spanduk langsung respon 30 menit. Tapi ternyata sampai selesai harus tunggu 3 jam dari pukul 8 pagi. WA direspon tapi prosesnya tidak cepat. Sudah semua berkas masuk online saya tinggal bayar iuran dan langsung aktif. Tapi lebih baik tanya jelas, karena tiap orang kan beda kebutuhan," jelasnya.

3. Aktivasi peserta baru BPJS Kesehatan setelah 14 hari pendaftaran

BPJS Palembang Kurangi Layanan di Kantor, Warga Keluhkan Respon OnlineKantor BPJS Kesehatan di Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

BPJS Kesehatan Palembang membuka layanan online chatting WhatsApp mulai pukul 08:00-15:00 WIB, setiap Senin-Jumat kecuali tanggal merah dan libur nasional. Kantor BPJS Kesehatan cabang Palembang belum dapat memastikan kapan sistem pelayanan kembali normal. Sejauh ini, pihaknya meminta masyarakat untuk memaklumi kondisi yang terjadi.

Sebagai informasi, bagi peserta mandiri yang baru mendaftar via online dari WhatsApp dan mobile JKN, diminta mengikuti langkah-langkah sesuai yang diminta pihak BPJS kesehatan, lalu menunggu aktivasi kartu peserta selama 14 hari setelah tedaftar awal.

4. Cara melakukan pengaduan dan perubahan data melalui WhatsApp dan Mobile JKN

BPJS Palembang Kurangi Layanan di Kantor, Warga Keluhkan Respon OnlineKantor BPJS Kesehatan di Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Berikut cara pendaftaran, perubahan data, serta mendapat pelayanan informasi dan pengaduan di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Palembang melalui aplikasi JKN dan chatting WhatsApp:

Mobile JKN
1. Download aplikasi melalui market ponsel pintar
2. Setelah aplikasi terinstal klik menu pendaftaran pengguna mobile untuk masuk laman registrasi. Bagi yang telah terdaftar tinggal login dan bila baru pertama kali, silakan masuk ke menu pendaftaran peserta baru.
3. Proses registrasi dengan menginput data seperti nomor kartu BPJS, KTP/NIK, tanggal lahir, nama ibu kandung, password, nomor handphone dan email (masukkan kode verifikasi).
4. Setelah terdaftar masukkan no kartu/email/username dan password dan masukkan captcha kemudian sudah bisa login dan masuk ke halaman utama aplikasi

Melalui whatsapp ke nomor 081273199265
- Pelayanan adminstrasi seperti pendaftaran peserta baru, penambahan anggota keluarga peserta, pendaftaran bayi baru lahir, perubahan segmen kepesertaan dan perubahan data identitas peserta
- Secara chatting juga dapat melakukan perubahan data golongan dan gaji peserta (PNS/TNI/Polri), perubahan fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) peserta, penonaktifan peserta meninggal, perbaikan data ganda dan pengaktifan kembali kartu peserta
- Sebagai catatan berkas dan chat yang dikirimkan di luar hari dam jam pelayaman akan diabaikan dan silakan kirim ulang pada jam layananan dan operasional berikutnya.

Baca Juga: Peserta Mandiri BPJS Kesehatan di Palembang Menunggak Rp181 M

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya