Bersaing Rebut 916 Formasi, Wako Palembang: Percaya pada Diri Sendiri

Jumlah peserta tes SKD CAT CPNS Palembang 17.000 orang

Palembang, IDN Times -Wali Kota (Wako) Palembang, Harnojoyo menyampaikan, Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang hanya menerima 916 formasi dari 17.000 peserta yang ikut Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Computer Assisted Test (CAT) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun ini.  

"Untuk bisa lulus tes SKD, harus tetap fokus mengerjakan soal, jangan lupa berdoa. Karena sekarang sistem sudah canggih jadi wajib dan harus teliti," ujar dia, usai memantau tes SKD di Golden Sriwijaya Jakabaring Palembang, Kamis (13/2).

1. Peserta tes SKD CPNS di imbau jangan percaya oknum permudah lolos CPNS

Bersaing Rebut 916 Formasi, Wako Palembang: Percaya pada Diri SendiriIlustrasi pelaksanaan tes SKD CPNS Pemprov Jatim, Rabu (12/2). Humas BKD Jatim

Harnojoyo mengatakan, proses penyelenggaraan tes SKD kali ini, peserta juga di imbau untuk tidak mempercayai oknum-oknum yang menawarkan kunci jawaban. Sebab saat ini marak penipuan yang terjadi.

"Selesai tes, kita langsung tahu hasilnya, jadi jangan pernah percaya ada permainan dalam penerimaan CPNS, itu semua bohong, percaya pada diri sendiri. Tidak ada juga kunci jawaban, kalau ada itu penipuan," kata dia.

2. Pelaksanaan tes SKD CAT CPNS Palembang berlangsung 7 hari

Bersaing Rebut 916 Formasi, Wako Palembang: Percaya pada Diri SendiriPemkot Palembang pantau tes CPNS di Golden Sriwijaya (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Sementara, Kepala BKN Sumsel, Agus Sutiadi menjelaskan, pelaksanaan tes SKD CAT CPNS Palembang di gelar hingga tujuh hari, yang jumlah peserta setiap harinya berjumlah 3.000 orang.

"Pelaksanaannya secara bertahap, tahun ini lebih baik karena secara passing grade dan kualitas soal juga ikut diturunkan. Mayoritas peserta yang ikut tahun ini adalah peserta yang pernah ikut namun gagal di tahun lalu," jelas dia.

3. Ada peserta yang belajar selama tujuh bulan menuju tes SKD

Bersaing Rebut 916 Formasi, Wako Palembang: Percaya pada Diri SendiriIlustrasi Peserta CPNS di Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Agus mengungkapkan, dari beberapa peserta yang diwawancarai pihaknya, ada yang menghabiskan waktu belajar hampir tujuh bulan menuju tes SKD.

"Bahkan ada yang menyisihkan waktu untuk tidak main gadget selama lima jam per hari. Sehingga ketika mendapati soal-soal yang mirip seperti tahun lalu mereka bisa melewatinya," ungkap dia.

Baca Juga: Cermati! Telat 5 Menit, Peserta Tes CPNS di Palembang Langsung Gugur 

4. Tak ada praktik titipan dalam tes SKD CPNS Palembang

Bersaing Rebut 916 Formasi, Wako Palembang: Percaya pada Diri SendiriPemkot Palembang pantau tes CPNS di Golden Sriwijaya (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Agus memastikan, seperti pelaksanaan CPNS tahun sebelumnya, tahun ini tidak ada lagi kemungkinan peserta tes titipan. Kemudian, selama pelaksanaan tes seleksi tahun ini pihaknya belum mendapati peserta yang membawa jimat.

"Karena sebelum masuk ke ruangan, peserta hanya diperbolehkan membawa kartu peserta dan KTP. Kalau ada yang bilang tahu yang duduknya dimana jangan dipercaya juga, karena posisinya pun kita acak," tandas dia.

Topik:

  • Sidratul Muntaha

Berita Terkini Lainnya