700 Ribu Pelanggan PLN di Sumbagsel Terima Diskon Tagihan Listrik

Berlaku bagi warga Sumsel, Jambi dan Bengkulu

Palembang, IDN Times - PT PLN (Persero) Wilayah Sumbagsel yang meliputi provinsi Sumatra Selatan (sumsel), Jambi dan Bengkulu turut mendukung kebijakan Presiden RI Joko Widodo "Jokowi" terkait potongan harga pembayaran tagihan listrik pelanggan dengan syarat tertentu selama tiga bulan ke depan terhitung sejak April tahun 2020 ini. Kebijkan ini diambil demi meringankan beban ekonomi masyarakat di tengah pandemi virus corona.

"Ada 736.430 Pelanggan listrik di Sumsel, Jambi dan Bengkulu siap menikmati pembayaran listrik dengan diskon khusus, menyusul adanya wabah pendemi COVID 19," ujar Daryono, General Manager PLN Unit Wilayah Induk (UIW) S2JB, Kamis (2/4).

Baca Juga: Gratiskan Tagihan Listrik, PLN Dapat Suntikan Rp3,5 T Agar Tak Rugi

1. Hanya Pelanggan yang tercatat dalam BDP dari TNP2K bisa memikmati potongan listrik

700 Ribu Pelanggan PLN di Sumbagsel Terima Diskon Tagihan ListrikIlustrasi petugas PLN sedang merawat instalasi listrik. Dok. PLN UID Jateng dan DIY

Daryono mengatakan, sesuai pengumuman dari Jokowi, jajarannya akan memberikan gratis pembayaran listrik tiga bulan untuk pelanggan listrik golongan 450 volt ampere (VA). Serta pemberian subsidi diskon dengan tarif sebesar 50% bagi pelanggan 900 VA golongan bersubsidi. Maka pihaknya akan mengikuti aturan tersebut berdasarkan petunjuk dan arahan yang tepat.

"Tercatat dalam Basis Data Terpadu (BDT) dari Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) Pelanggan yang termasuk dalam kebijakan ini adalah masyarakat kurang mampu, dan Sumbagsel ada 500.191 pelanggan tarif rumah tangga daya 450 VA kemudian sebanyak 236.239 pelanggan daya 900 VA," kata dia.

2. PT PLN tak punya kewenangan dalam menentukan pihak yang berhak menerima potongan listrik

700 Ribu Pelanggan PLN di Sumbagsel Terima Diskon Tagihan ListrikIlustrasi PLN (IDN Times/Arief Rahmat)

Sedangkan, khusus untuk Sumsel, sambung Daryono, ada 295.067 pelanggan rumah tangga daya 450 VA yang akan mendapatkan pembebasan biaya rekening listrik. Serta total ada 161.742 pelanggan rumah tangga daya 900 VA yang akan di diskon 50 persen.

Kemudian untuk wilayah Jambi terdapat 96.334 pelanggan daya 450 VA dan 31.851 pelanggan daya 900 VA, sementara wilayah Bengkulu berjumlah 108.790 pelanggan daya 450 VA dan 42.646 pelanggan daya 900 VA.

"Karena PLN sebagai operator yang menjalankan kebijakan pemerintah, kami tidak memiliki kewenangan menentukan siapa-siapa yang berhak atau tidak berhak menerima pembebasan dan pemotongan biaya rekening listrik. Kami menyesuaikan dengan basis data dari TNP2K," sambungnya.

3. PT PLN harap kebijakan presiden bisa mengurangi beban masyarakat

700 Ribu Pelanggan PLN di Sumbagsel Terima Diskon Tagihan ListrikIlustrasi tegangan listrik PT PLN Persero (IDN Times/Axel Joshua Harianja)

Daryono melanjutkan, adanya kebijakan yang ditetapkan Pemerintah Pusat tentu akan berdampak terhadap warga Indonesia. Pihaknya pun mendukung penuh apapun program Presiden RI asal memberikan pengaruh yang positif.

"Asal sesuai arah yang jelas, harapannya semoga keputusan ini membantu mengurangi beban masyarakat kurang mampu, dan sejalan dengan imbauan pembatasan kontak fisik yang mendorong masyarakat tetap di rumah," ujarnya.

"Jadi masyarakat, khususnya yang tidak mampu, tidak harus khawatir dalam menggunakan listrik selama masa sulit ini,” tandas dia.

Baca Juga: Disdik Sumsel Perpanjang Waktu Belajar di Rumah Hingga 25 April

Topik:

  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya