500 Ribu Orang di Palembang Sudah Vaksinasi COVID-19 

Dinkes pastikan stok vaksin hingga saat ini masih aman

Palembang, IDN Times - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Palembang mencatat warga yang sudah menerima vaksinasi COVID-19 mencapai 589 ribu orang. Jumlah tersebut terdata di Dinkes Palembang hingga Senin (4/10/2021) lalu.

"Angka ini menunjukkan jika realisasi vaksinasi COVID-19 di Palembang sudah baik, ditambah kesadaran diri masyarakat yang meningkat," ujar Kabid Kesehatan Masyarakat Dinkes Palembang, Mirza Susanty kepada IDN Times, Rabu (6/10/2021).

1. Vaksinasi dosis kedua di Palembang baru 30 persen

500 Ribu Orang di Palembang Sudah Vaksinasi COVID-19 ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas

Kendati vaksinasi COVID-19 di Palembang belum terealisasi 100 persen, sejauh ini persentase untuk dosis pertama sudah mencapai 46,93 persen dari target sasaran sebanyak 1.255.715 orang.

"Tapi dosis kedua baru 30,29 persen. Sedangkan dosis ketiga atau booster untuk nakes sudah 68 persen," kata dia.

Baca Juga: Dinkes Palembang Kejar Target Vaksinasi Selama PPKM Level 2

2. Kejar target vaksinasi wujudkan herd immunity

500 Ribu Orang di Palembang Sudah Vaksinasi COVID-19 Ilustrasi vaksinasi COVID-19 (ANTARA FOTO/Jojon)

Melihat pencapaian vaksinasi di Palembang, Pemkot mengaku berupaya maksimal mengejar target pemberian vaksin, sesuai Instruksi Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) nomor 44 tahun 2021 tentang ketentuan indikator penyesuaian kesehatan masyarakat.

"Realisasi vaksinasi ini sudah cukup baik dan kami akan terus tingkatkan demi mewujudkan kekebalan massal, atau herd immunity," timpalnya.

3. Dinkes Palembang pastikan stok vaksin masih aman

500 Ribu Orang di Palembang Sudah Vaksinasi COVID-19 ilustrasi vaksinasi COVID-19 (IDN Times/Herka Yanis)

Menyoal stok vaksin di Palembang, Dinkes menegaskan hingga saat ini masih aman. Pihaknya rutin mengajukan vaksin kepada Dinkes Sumsel dan distribusi dilakukan setiap satu minggu sekali ke Gudang Farmasi Palembang.

"Alokasi terakhir ada 145 ribu dosis dan dikirim per minggu. Sebagian 50 ribu dosis vaksin telah diberikan kepada target sasaran," tandas dia.

Baca Juga: Pasien COVID-19 di Sumsel Tersisa 12 Orang Bergejala Berat di ICU

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya