Dinkes Palembang Kejar Target Vaksinasi Selama PPKM Level 2

Vaksinasi lansia dosis pertama harus lebih 40 persen

Palembang, IDN Times - Pemerintah pusat memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Palembang hingga 18 Oktober 2021. Berdasarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 44, wilayah yang masih berada di level 2 ditarget mengejar vaksinasi COVID-19.

"Sesuai pedoman Imendagri, wilayah PPKM Level 2 harus menyesuaikan indikator kesehatan masyarakat. Dinkes berupaya mengejar target vaksinasi sesuai ketentuan," ujar Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Palembang, Mirza Susanty kepada IDN Times, Rabu (6/10/2021).

1. Wilayah PPKM Level 2 harus mencapai 40 persen dosis pertama bagi lansia

Dinkes Palembang Kejar Target Vaksinasi Selama PPKM Level 2Ilustrasi antrean untuk mengikuti vaksinasi COVID-19 (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Wilayah yang masih menerapkan PPKM Level 2 diwajibkan mengejar indikator capaian vaksinasi dosis 1 dan dosis 2, dengan ketentuan realisasi vaksin bagi masyarakat lanjut usia (lansia) di atas 60 tahun minimal 40 persen.

"Dosis pertama lansia harus sudah lebih dari 40 persen, sedangkan dosis kedua menyesuaikan realisasi dosis pertama berdasarkan jadwal vaksinasi," kata dia.

Baca Juga: Pasien COVID-19 di Sumsel Tersisa 12 Orang Bergejala Berat di ICU

2. Wilayah PPKM yang belum mencapai target realisasi vaksin diberi waktu 2 minggu

Dinkes Palembang Kejar Target Vaksinasi Selama PPKM Level 2Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Dinkes Palembang, dr Mirza Susanty (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Mirza menerangkan, kabupaten dan kota yang belum mencapai target vaksinasi, pemerintah pusat berwenang menetapkan wilayah tersebut kembali naik Level 3.

"Sejak perpanjangan lanjutan diberikan waktu 2 minggu untuk mencapai target vaksinasi. Apabila target vaksinasi tidak tercapai, kabupaten dan kota akan naik ke level tiga. Saat ini Palembang berulaya mengejar target yang ditentukan," timpal dia.

3. Muba dan Empat Lawang masuk PPKM Level 1

Dinkes Palembang Kejar Target Vaksinasi Selama PPKM Level 2Ilustrasi vaksinasi COVID-19 (ANTARA FOTO/Jojon)

Berdasarkan kebijakan Gubernur Sumatra Selatan (Sumsel), Bupati, Wali Kota, ada beberapa wilayah yang sudah berada di Level 1. Sedangkan sisanya masih berada di Level 2.

Berikut situasi PPKM wilayah Kabupaten dan Kota di Sumsel:

Level 1
- Kabupaten Musi Banyuasin
- Kabupaten Empat Lawang

Level 2
- Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU)
- Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI)
- Kabupaten Muara Enim
- Kabupaten Lahat
- Kabupaten Musi Rawas
- Kabupaten Banyuasin
- Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur
- Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan
- Kabupaten Ogan Ilir
- Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir
- Kota Palembang
- Kota Pagar Alam
- Kota Lubuklinggau
- Kota Prabumulih

Baca Juga: Bumame Farmasi Buka Cabang di Palembang, PCR Tak Sampai 24 Jam

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya