Comscore Tracker

48 Ribu Warga Palembang Bakal Terima Bantuan PPKM Mikro

Bantuan berupa beras 10 kg disalurkan Bulog lewat Kelurahan

Palembang, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang melaui Dinas Sosial (Dinsos) bakal menyalurkan bantuan non tunai Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro. Bantuan ini menyasar puluhan ribu warga yang terdaftar dalam Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

"Kalau untuk PPKM kami belum mendapatkan resmi (surat) dari Kemensos, tapi pemberitahuan langsung dari Presiden ke Perum Bulog untuk menyalurkan bantuan menggunakan cadangan beras pemerintah mulai dilakukan," ujar Kasi Jaminan Sosial Keluarga Dinsos Palembang, Merry Ari Santy kepada IDN Times, Rabu (21/7/2021).

1. Bantuan PPKM Mikro diambil langsung oleh KPM PKH

48 Ribu Warga Palembang Bakal Terima Bantuan PPKM MikroSituasi terminal kapal di pinggiran Sungai Musi bawah Jembatan Ampera (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Warga Palembang yang berhak menerima bantuan beras seberat 10 kg, hanya diperuntukkan untuk warga yang terdata Program Keluarga Harapan (PKH) atau Bantuan Sosial Tunai (BST) langsung dari Kementerian Sosial sejak 2020.

"Diberikan ke penerima PKH dan BST saja, bukan masyarakat umum. Bantuannya beras 10 kg. Mekanisme pengambilan di titik yang telah ditentukan oleh anak perusahaan Bulog, misal di kelurahan," kata dia.

Baca Juga: Mensos Siapkan Dana Bansos Rp7,08 T untuk 5,9 Juta Warga Juli-Desember

2. Penerima bantuan PPKM Mikro wajib membawa data diri

48 Ribu Warga Palembang Bakal Terima Bantuan PPKM MikroKantor Dinas Sosial Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Berdasarkan catatan Dinsos Palembang, jumlah penerima bantuan beras PPKM tahun 2021 mencapai 48.501 KPM PKH. Penyaluran bantuan mulai dilakukan sejak Minggu (18/7/2021) lalu oleh Perum Bulog.

"Karena keadaan tanggap darurat, sudah mulai launching (penyaluran) dari hari Minggu untuk KPM PKH. Tiga hari kemarin untuk daerah Lorok Pakjo, dan hari ini untuk Bukit Lama," ujarnya.

"Penerima harus bawa bukti diri seperti KTP atau KK dan monitoring dari pendamping. Selanjutnya memberikan tanda penerima. Jika nama tercatat meninggal dunia bisa dibuktikan surat kematian dari ahli waris," tambanya.

3. Penerima bantuan PPKM Mikro dievaluasi langsung petugas pendamping

48 Ribu Warga Palembang Bakal Terima Bantuan PPKM MikroWarga miskin menarik gerobak bersama dua anaknya (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Merry melanjutkan, penerima bantuan beras 10 kg selama PPKM Mikro yang ditetapkan bagi KPM PKH melalui syarat khusus dan akan dievaluasi oleh petugas pendampingan. Penerima harus memiliki kriteria-kriteria yang diatur Kementerian Sosial.

"Bantuan untuk keluarga calon penerima harus mempunyai komponen kesehatan tertentu, misal memiliki ibu hamil dan anak balita maksimal anak kedua. Serta juga dilihat dari komponen pendidikan dan kesejahteraan sosial," timpalnya.

4. Wako Palembang sebut penyaluran bantuan setiap tiga bulan

48 Ribu Warga Palembang Bakal Terima Bantuan PPKM MikroIlustrasi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) mengantre untuk menerima bantuan PKH. IDN Times/Bagus F

Menurut Wali Kota (Wako) Palembang, Harnojoyo, bantuan PPKM Mikro bagi warga yang berhak bakal dipantau secara langsung oleh Dinsos agar penyalurannya tepat sasaran.

"Untuk bantuan PKH tahap 1 dan 2 sebenarnya sudah dari Januari. Tapi pengiriman memang per triwulan sesuai intruksi Kemensos. Bantuan ini banyak mulai dari pendidikan, kesejahteraan pendidikan, dan bantuan langsung non tunai," tandasnya.

Baca Juga: Mantap! PKL hingga Warteg Dapat Bantuan Rp13 Triliun 

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya