19 Orang Nakes Lansia di RSMH Palembang Jalani Vaksinasi COVID-19 

Mereka mendapat pengawasan ketat dan khusus

Palembang, IDN Times - Vaksinasi COVID-19 bagi tenaga kesehatan (nakes) yang lanjut usia atau lansia, dilakukan pemantauan lebih ekstra dan pengawasan khusus.

Hal tersebut dilakukan karena faktor kekebalan tubuh atau imunitas harus dilihar dari batas usia. Rentan waktu vaksinasi pun berjarak 28 hari, sedangkan nakes bukan lansia hanya 14 hari.

"Semakin umur bertambah, imunitas berkurang. Sehingga pemantauannya lebih ketat agar tidak terjadi hal yang ditakutkan," ujar Kabid Kesmas Dinas Kesehatan (Dinkes) Palembang, dr Mirza Susanty kepada IDN Times, Senin (8/2/2021).

1. Pemberian vaksinasi bagi nakes di Palembang baru berjalan 41 persen

19 Orang Nakes Lansia di RSMH Palembang Jalani Vaksinasi COVID-19 Ilustrasi ruang isolasi. IDN Times/Feny Maulia Agustin

Berdasarkan data keseluruhan nakes penerima vaksinasi dengan usia lanjut di Palembang, jadwal penyuntikan belum dapat terlaksana. Dinkes Palembang masih fokus menuntaskan vaksinasi COVID-19 untuk nakes usia di bawah 60 tahun.

"Sejauh ini belum, baru nakes yang terdata di luar lansia. Nanti tahap kedua, karena menunggu vaksinasi awal selesai semua. Realisasi vaksinasi nakes di luar lansia baru mencapai 41,31 persen," kata dia.

Baca Juga: Dinkes Palembang Tak Temukan Pasien Pingsan Pasca Vaksinasi

2. RSMH Palembang mulai vaksinasi COVID-19 bagi lansia

19 Orang Nakes Lansia di RSMH Palembang Jalani Vaksinasi COVID-19 Seorang Nakes di Puskesmas Penajam yang mendaftar vaksinasi COVID-19 (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Berbeda halnya dengan Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Mohammad Hoesin (RSMH) Palembang. Mereka sudah melakukan vaksinasi kepada tenaga medis dengan usia di atas 60 tahun mulai hari ini, Senin (8/2/2021).

"Ini untuk mengurangi kekhawatiran tertular COVID-19, memotivasi para staf lebih giat karena kita memerhatikan kesehatan mereka," ungkap Direktur Utama RSMH Palembang, dr. Bambang Eko Subaryanto.

3. Sebanyak 19 nakes lansia RSMH Palembang terima vaksin COVID-19

19 Orang Nakes Lansia di RSMH Palembang Jalani Vaksinasi COVID-19 Ilustrasi vaksin. Dok. Antara Foto

Vaksinasi COVID-19 bagi nakes lansia di RSMH Palembang menyasar 25 orang. Namun karena kondisi dan pengaruh kesehatan yang memiliki komorbit, baru ada 19 orang yang menerima vaksinasi di hari pertama.

"Hari ini sudah melaksanakan tapi tenaga medis yang bekerja di RSMH dulu dan masih terbatas. Dari 25 orang yang mendaftar, baru 19 orang yang sudah karena ada hipertensi. Vaksinasi sampai besok, lanjut sampai terlaksana semua termasuk bagi semua dokter spesialis," tandas dia.

Baca Juga: Vaksin COVID-19 dari Sinovac Diklaim Sukses Picu Imunitas bagi Lansia

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya