1.885 Peserta Tes Berebut 90 Formasi CPNS untuk Kabupaten Empat Lawang

Sekda Empat Lawang tinjau ke Golden Sriwijaya Palembang

Palembang, IDN Times -Sebanyak 1.885 peserta yang memperebutkan 90 formasi teknis di luar kejuruan di Kabupaten Empat Lawang mulai mengikuti pelaksanaan tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), di Golden Sriwijaya Palembang, Kamis (6/2).

"Hari ini semua selesai lewat tiga sesi, mulai dari jam 10 pagi. Tahun ini kita hanya butuh 90 formasi dan dominan peserta asal Palembang. Tahun ini bidang keguruan dan kesehatan sedikit di buka (formasi), karena lebih banyak untuk non kejuruan," ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Empat Lawang, Edison Wijaya, disela-sela meninjau lokasi tes, Kamis (6/2).

1. Peserta CPNS Kabupaten Empat Lawang menurun

1.885 Peserta Tes Berebut 90 Formasi CPNS untuk Kabupaten Empat LawangSekda Empat Lawang Edison Wijaya (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Edison mengungkapkan, walau tak terlalu signifikan, jumlah peserta yang mengikuti tes CPNS tahun 2019-2020 kali ini mengalami penurunan. Hal itu karena pengaruh formasi instansi yang dibuka juga lebih sedikit. Padahal, pihaknya mengakui masih butuh banyak SDM (Sumber Daya Manusia).

"Data pasti saya tidak tahu, ada panitia yang lebih paham. Karena kurang SDM, kalau ada PNS dari luar ke Empat Lawang kita terima. Tapi kalau sudah jadi PNS di Empat Lawang mau pindah kita berat, karena Empat Lawang baru pemekaran 13 tahun," ungkap dia.

2. Sekda Empat Lawang imbau peserta tes CPNS jangan percaya oknum yang mampu meloloskan tes

1.885 Peserta Tes Berebut 90 Formasi CPNS untuk Kabupaten Empat LawangIlustrasi Peserta CPNS di Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Edison menjelaskan, pihaknya juga sudah mengimbau kepada semua peserta tes CPNS untuk jangan mudah terbuai dan tertipu oleh pihak atau oknum yang tak bertanggung jawab yang mengklaim bisa membantu meloloskan peserta tes jadi PNS.

"Ya masih ada saja dan banyak sekali penipuan. Makanya, kita tetap berharap semua peserta tidak kena hal seperti itu. Silakan tes dengan serius dan mengandalkan kemampuan diri sendiri. Serta jangan lupa mempelajari soal-soal CPNS," jelas dia.

3. Sesi pertama tes perdana CPNS Empat Lawang hanya diikuti peserta pria

1.885 Peserta Tes Berebut 90 Formasi CPNS untuk Kabupaten Empat LawangIlustrasi Peserta CPNS di Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Sementara, Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Kantor Regional VII Sumatera Selatan (Sumsel), Agus Setiadi menuturkan, sesuai sistem pengurutan data, pada sesi pertama ini hanya diikuti oleh peserta pria.

"Karena by sistem ya, jadi data keseluruhan L (laki-laki) semua, tapi nanti pada sesi kedua dan ketiga ada juga yang campur. Sebenarnya seluruhnya pria atau nanti ada yang semua wanita, maksudnya untuk mempermudah pengawasan dan pemeriksaan. Untuk cowok diperiksa sama petugas cowok juga dan sebaliknya," tutur dia.

Baca Juga: Besok Tes CPNS, BKN Ingatkan Penilaian Tak Lagi Pakai Sistem Ranking

4. Tes perdana sempat mengalami keterlambatan

1.885 Peserta Tes Berebut 90 Formasi CPNS untuk Kabupaten Empat LawangIlustrasi tes CPNS di Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Agus melanjutkan, panitia cukup menyesalkan masih ada sedikit keterlambatan saat pengurutan nomor peserta di lokasi Golden Sriwijaya.

"Setiap sesi ada 600 peserta, kami mohon maaf karena ada telat masuk ruangan untuk memulai log in. Wajar saja, karena ini lokasi baru di sini, tadi kesalahan panitia pada saat mengurutkan peserta sesuai nomor kartu tes," tandas dia.

 

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App. Unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Topik:

  • Sidratul Muntaha

Berita Terkini Lainnya