1 Lift Jembatan Ampera Terpasang, Penggunaan Wisatawan Ditunda

Ternyata lift itu digunakan untuk pemeliharaan jembatan

Palembang, IDN Times - Satu lift di Jembatan Ampera Palembang sudah terpasang. Namun rencana penggunaan lift untuk membawa wisatawan ke menara jembatan belum bisa terealisasi.

"Kalau masalah untuk wisata baru sebagai wacana saja," ujar Kepala Bidang Jalan dan Jembatan dari Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Sumatra Selatan (BBPJN Sumsel), Ryandra Narlan, Kamis (5/1/2023).

Baca Juga: Lift di Jembatan Ampera Mulai Dipasang, Begini Penampakannya

1. Fungsi utama lift untuk pemeliharaan

1 Lift Jembatan Ampera Terpasang, Penggunaan Wisatawan DitundaLift di Jembatan Ampera Palembang Mulai Dipasang (IDN Times/Dokumen)

Menurutnya, manfaat utama lift di Jembatan Ampera untuk pemeliharaan konstruksi. Lift itu bakal digunakan petugas untuk memantau Jembatan Ampera.

"Lift tersebut penggunaan utamanya memang untuk pemeliharaan saja," kata dia.

Baca Juga: Gubernur Sumsel Beda Pendapat dengan Bawahan Soal Lift Jembatan Ampera

2. Satu lift di Jembatan Ampera Palembang selesai dipasang

1 Lift Jembatan Ampera Terpasang, Penggunaan Wisatawan DitundaJembatan Ampera di Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Ryandra mengatakan, pihaknya berencana memasang dua lift ke Jembatan Ampera di sisi hilir dan hulu. Namun baru satu lift yang selesai dipasang di sisi hilir.

"Lift di Jembatan Ampera sudah selesai. Baru satu lift di dan sudah bisa difungsikan," timpalnya.

3. Pemeliharaan lift Jembatan Ampera melibatkan Dewan Cagar Budaya

1 Lift Jembatan Ampera Terpasang, Penggunaan Wisatawan DitundaLift di Jembatan Ampera Palembang Mulai Dipasang (IDN Times/Dokumen)

Penyelesaian keseluruhan pemasangan lift di Jembatan Ampera sebenarnya harus selesai di akhir 2022. Namun karena masih ada pekerjaan lain yang belum masuk di kontrak 2022, maka proyek tersebut berlanjut tahun ini.

"Nantinya kita juga akan berkoordinasi dengan tim Cagar Budaya untuk pekerjaan pemeliharaan tahun 2023 mendatang," jelas dia.

Baca Juga: Wako dan Wawako Palembang Beda Pendapat Soal Lift di Jembatan Ampera

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya