Dukung Kesehatan Warga, PT MBJ Gandeng KNPI Muba Sumbang 1 Ambulans

Ambulans 2in1 bisa angkut pasien darurat atau antar jenazah

Musi Banyuasin, IDN Times - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Pemkab Muba) menerima bantuan satu unit Ambulans dari PT Marga Bara Jaya (MBJ), perusahaan yang bergerak di bidang infrastruktur dan logistik.

Bersama KNPI Muba dan Karang Taruna Bayung Lencir, PT MBJ memanfaatkan momen Hari Sumpah Pemuda untuk mengajak kaum muda berkontribusi dan mengoperasionalkan ambulans gratis yang menjangkau kebutuhan masyarakat di sekitar Kecamatan Bayung Lencir.

”Kami ingin membantu memberikan kemudahan transportasi kepada masyarakat untuk membawa pasien dengan kondisi darurat ke layanan kesehatan terdekat,” kata Anton Wasito, perwakilan TP MBJ, Minggu (30/10/2022)

Ia menegaskan, layanan ambulans ini bersifat gratis atau tidak dipungut biaya sama sekali. Masyarakat Kecamatan Bayung Lencir dan sekitarnya bisa mengakses layanan melalui KNPI Muba, atau menghubungi nomor telpon 0822-8926-0438.  

Baca Juga: Dirikan Sekolah Filial Suku Anak Dalam, PT MBJ Bagikan Seragam dan Tas

1. Ambulans menjangkau warga Bayung Lencir dan sekitar

Dukung Kesehatan Warga, PT MBJ Gandeng KNPI Muba Sumbang 1 AmbulansAmbulans gratis dari PT MBJ untuk Kabupaten Muba. (Foto: Pemkab Muba)

Anton menerangkan, bantuan satu unit ambulans ini sebagai bentuk kegiatan yang selaras dengan gerakan diinisiasi PT MBJ #SehatBarengMBJ. Ketersediaan ambulans diharapkan dapat mendukung layanan kesehatan yang sudah berjalan saat ini.

“Ambulans ini bisa menjangkau masyarakat di daerah Bayung Lencir. Tapi warga yang sebagian besar masih tinggal di wilayah pelosok juga bisa memanfaatkannya,” ucap Anton.

Baca Juga: 45 Orang Suku Anak Dalam di Muba Terima Vaksin dan Vitamin Gratis

2. Apresiasi perusahaan yang berkontribusi

Dukung Kesehatan Warga, PT MBJ Gandeng KNPI Muba Sumbang 1 AmbulansAmbulans gratis dari PT MBJ untuk Kabupaten Muba. (Foto: Pemkab Muba)

Pj Bupati Muba, Apriyadi, mengapresiasi bantuan yang diberikan PT MBJ. Menurutnya, satu unit ambulans merupakan kontribusi yang nyata bagi masyarakat Bayung Lencir dan sekitarnya.

“Mari kita sama-sama membangun Kabupaten Muba, bersinergi, dan merasakan betul keberadaan pihak-pihak yang berinvestasi dan berusaha di sini. Jalannya pun belum selesai, tapi kontribusinya sudah ada,” kata dia.

Humas RSUD Bayung Lencir, M Daniel Pharsy mengatakan, tambahan satu unit ambulans yang dikelola oleh KNPI diharapkan bisa memperluas akses layanan angkut pasien ke Puskesmas terdekat maupun RSUD.

“Saat ini, RSUD memiliki tiga unit ambulans, di mana satu unit dalam kondisi kurang layak sehingga jarang dioperasikan,” tambahnya.

3. Bisa angkut pasien darurat atau antar jenazah

Dukung Kesehatan Warga, PT MBJ Gandeng KNPI Muba Sumbang 1 AmbulansAmbulans gratis dari PT MBJ untuk Kabupaten Muba. (Foto: Pemkab Muba)

Ketua KNPI Muba, Novriadi menjelaskan, ambulans gratis sangat dibutuhkan masyarakat. Selain difungsikan untuk mengantar pasien yang sakit, kendaraan ambulans sumbangan PT MBJ bisa dipergunakan untuk membantu sosialisasi kesehatan.

Ambulans gratis dari PT MBJ ini berjenis 2 in 1, yaitu ambulans yang dilengkapi dengan peralatan untuk mengangkut pasien sakit dan peralatan mengangkut jenazah.

“Ambulans ini bisa digunakan untuk sosialisasi terkait kesehatan ke daerah-daerah pelosok sekitar Bayung Lencir. Masyarakat yang membutuhkan sarana transportasi untuk mengangkut jenazah bisa menggunakan layanan ini,” kata dia.

Ia menambahkan, penggunaan ambulans dalam kurun waktu sepekan bisa mencapai 6-7 kali dengan rujukan ke Jambi dan Sekayu. Termasuk cakupan layanan angkut pasien dari empat puskesmas di Bayung Lencir yakni Puskesmas Sumber Harum, Puskesmas Berojaya Timur, Puskesmas Suka Jaya, dan Puskesmas Bayung Lencir.

Baca Juga: Warga Sako Suban Antusias Datangi Pasar Sembako Murah Marga Bara Jaya

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya