TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Kapolda Sumsel Irjen Rachmad Wibowo Ditunjuk Jokowi Jadi Waka BSSN

Albertus Rachmad Wibowo akan naik jadi bintang tiga

Irjen Pol Albertus Rachmad Wibowo (Instagram: Rachmad_Wibowo)

Intinya Sih...

  • Albertus Rachmad Wibowo ditunjuk menjadi Wakil Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BBSN) menggantikan Komjen Pol Putu Jayan Danu Putra.
  • Rachmad akan naik pangkat menjadi Komisaris Jenderal (Komjen) setelah penunjukan sebagai Wakil Kepala BSSN.
  • Rachmad memiliki konsentrasi terhadap kasus ilegal loging, ilegal driling, phising, dan pembobolan rekening nasabah serta melaporkan LHKPN senilai Rp8,1 miliar.

Palembang, IDN Times - Kapolda Sumatra Selatan (Sumsel) Irjen Pol Albertus Rachmad Wibowo ditunjuk menjadi Wakil Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BBSN). Dirinya akan menggantikan Komjen Pol Putu Jayan Danu Putra.

Kabar penunjukan Rachmad Wibowo tertuang dalam Salinan Keputuan Presiden RI nomor 127/TPA Tahun 2024 tentang pemberhentian dan pengangkatan dari dan dalam jabatan pimpinan tinggi Madya di lingkungan BSSN per tanggal 17 September 2024 yang ditandatangani langsung oleh Presiden Joko Widodo.

"Benar, beliau telah mendapatkan kepercayaan oleh Presiden Joko Widodo untuk mengemban amanah sebagai Wakil Kepala BSSN," ungkap Kabid Humas Polda Sumsel, Kombes Pol Sunarto, Kamis (19/9/2024).

1. Rachmad naik pangkat usai jadi Waka BSSN

Penunjukan Rachmad sebagai Wakil Kepala BSSN akan membawa dirinya kembali naik pangkat menjadi Komisaris Jenderal (Komjen). Kepindahan Rachmad pun menunggu pergantian yang akan dilakukan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.  

"Beliau akan segera menyandang pangkat bintang tiga," jelas dia.

2. Rachmad malang melintang di bagian Siber

Sunarto mengatakan, Rachmad Wibowo sempat menjadi Direktur Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri sebelum menjabat sebagai Kapolda Jambi 2022 dan Kapolda Sumsel 2023-2004. Selain itu, dirinya juga pernah berada da satuan Densus 88 Anti Teror untuk menangani ancaman siber dari serangan terorisme.

"Tentunya ini tugas berat, mohon doa restu dan dukungan seluruh masyarakat Sumsel khususnya dan seluruh masyarakat Indonesia agar beliau mampu menjalankan amanah tersebut dengan sebaik baiknya," jelas dia.

Rachmad Wibowo selama bertugas di Sumsel memiliki konsentrasi khusus terhadap kasus ilegal loging, ilegal driling hingga masalah kejahatan siber mengenai phising dan pembobolan rekening nasabah.

"Telah banyak kasus kejahatan siber berhasil diungkap dan pelakunya diadili," jelas dia.

Berita Terkini Lainnya