Hore! Pasien Sembuh COVID-19 di Sumsel Sudah 36 Orang 

Dari total positif 185 orang per 3 Mei 2020

Palembang, IDN Times - Pasien positif COVID-19 atau virus corona di Sumatera Selatan (Sumsel) yang dinyatakan sembuh, mengalami penambahan sebanyak tujuh orang. Sehingga total keseluruhan pasien yang telah sehat hingga hari ini, Minggu (3/5), sudah mencapai 36 orang.

Juru Bicara Gugus Tugas COVID-19 Sumsel, sekaligus Kepala Seksi Surveilans Imunisasi Dinas Kesehatan, Yusri mengatakan, pasien sembuh merupakan kasus nomor 39, 83, 83, 84, 85, 86 dan kasus nomor 89.

"Pasien sembuh seluruhnya dari Palembang dan Lubuk Linggau. Sedangkann pasien positif bertambah 29 orang, dengan kasus nomor 157 hingga nomor 185," katanya.

Baca Juga: Ini Alasan Positif COVID-19 Sumsel Tambah Banyak 

1. Tetap imbau masyarakat jaga jarak, cuci tangan, dan menjaga imunitas

Hore! Pasien Sembuh COVID-19 di Sumsel Sudah 36 Orang Ilustrasi cuci tangan dengan bersih (IDN Times/Irma Yudistirani)

Yusri menjelaskan, meski saat ini pasien sembuh terus meningkat, sebaiknya warga dan masyarakat Sumsel tetap mematuhi aturan pemerintah untuk memutus rantai penyebaran COVID-19 sehingga pandemik bisa segera selesai.

"Selalu mencuci tangan untuk melepas virus yang mungkin menempel di tangan. Saat memegang wajah terutama hidung, virus tidak sempat masuk ke tubuh melalui saluran pernafasan. Makan makanan bergizi yang banyak mengandung serat, sayur, dan buah. Kemudian cukup istirahat dan tidur, banyak olahraga atau aktivitas yang banyak, dan tidak stres atau panik. Dengan begitu kita bisa melawan virus corona,” jelas Yusri.

2. Masih ada 1.090 sampel pasien yang menunggu hasil tes

Hore! Pasien Sembuh COVID-19 di Sumsel Sudah 36 Orang Hasil negatif uji sampel rapid test. (IDN Times/ Deryardli Tiarhendi)

Berdasarkan data yang dierima IDN Times, sejauh ini tercatat 4.167 orang dalam pantauan (ODP). Sebanyak 2.067 orang selesai pemantauan, dan masih dalam proses mencapai 1.560 orang.

Sedangkan kasus pasien dengan pengawasan bertambah sembilan oran. Sehingga jumlah PDP mencapai 243 orang, dengan 113 orang masih dalam pantauan dan 130 orang lagi telah selesai diawasi.

"Sedang diperiksa 1.090 sampel dari OTG 744 orang, PDP 276 orang dan ODP 70 orang. Kemudian sampel positif 185 orang dari konfirmasi kasus baru sejumlah 29 pasien, dan 720 sampel sebelumnya telah dinyatakan negatif," kata Yusri.

3. Klaim tim gugus terus mempercepat kinerja pelacakan pasien positif

Hore! Pasien Sembuh COVID-19 di Sumsel Sudah 36 Orang Peralatan rapid test untuk uji sampel COVID-19. (IDN Times/ Deryardli Tiarhendi)

Penambahan angka pasien yang terbilang besar hari ini, disebut Yusri sebagai indikator kerja tim dan pelacakan yang maksimal. Pihaknya gencar melacak pasien-pasien dinyatakan ODP, OTG, dan PDP yang telah terdata.

“Kenaikan angka pasien positif yang pesat seiring dengan meningkatnya kinerja pelacakan. Tidak perlu dikhawatirkan. Kita sudah melakukan pelacakan sebanyak mungkin ke orang yang kontak dengan pasien terdahulu,” kata Yusri yang juga Kepala Seksi Surveilans Imunisasi Dinas Kesehatan Sumsel, Yusri, melalui konferensi video, Minggu (3/5).

Baca Juga: 4 Anak di Sumsel Positif COVID-19, Dokter: Sulit Deteksi Sejak Awal

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya