Tingkatkan Literasi Digital, Kemenkominfo-Siberkreasi Gelar Webinar 

Webinar #MakinCakapDigital 2022 menyasar warga Bengkulu

Bengkulu, IDN Times - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi menggelar webinar bagi warga Bengkulu dan sekitarnya, Senin (17/10/2022) pukul 10.00-12.00 WIB.

Rangkaian program “Indonesia Makin Cakap Digital 2022” digelar untuk meningkatkan literasi digital bagi masyarakat, seperti membangun wawasan dan pengetahuan terkait literasi digital. Kemenkominfo bersama Siberkreasi menarget kelompok masyarakat atau komunitas sebagai segmen utama.

“Webinar kali ini mengusung tema ‘Konsep Bisnis Digital: Selling Through E-Commerce Platform’,” kata Samuel Abrijani Pangerapan, Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Dirjen Aptika) Kemenkominfo melalui rilis kepada IDN Times, Minggu (16/10/2022).

Baca Juga: Kemenkominfo-Siberkreasi Gelar Literasi Digital Influencer Marketing

1. Perkembangan teknologi diimbangi peningkatan literasi

Tingkatkan Literasi Digital, Kemenkominfo-Siberkreasi Gelar Webinar Literasi Digital Influencer Marketing. (Foto: Kemenkominfo)

Samuel menjelaskan, pesatnya perkembangan teknologi yang semakin terpacu akibat pandemik COVID-19 mendorong masyarakat untuk berinteraksi dan beraktivitas di ruang digital. Kehadiran teknologi digital sebagai bagian dari kehidupan, mempertegas posisi masyarakat sedang berada di masa percepatan transformasi digital.

“Percepatan penggunaan teknologi ini perlu diimbangi dengan peningkatan kapasitas literasi digital yang mumpuni, agar masyarakat dapat memanfaatkan teknologi digital dengan tepat guna,” ujarnya.

Baca Juga: Budaya Digital Membaik, Indeks Literasi Digital Indonesia Naik

2. Indeks literasi digital masyarakat meningkat

Tingkatkan Literasi Digital, Kemenkominfo-Siberkreasi Gelar Webinar Seorang pedagang warung kelontong mengakses laman perbankan di Demak, Jawa Tengah, 28 Maret 2021. Transformasi meningkatkan literasi digital masyarakat terutama kalangan bawah sehingga menjadikan mereka Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dan berdaya saing. (IDN Times/Dhana Kencana)

Kemenkominfo bersama Kata Data melakukan survei secara nasional pada 2021 lalu. Survei yang berkaitan dengan kegiatan literasi digital masyarakat menunjukkan hasil cukup besar. Literasi digital masyarakat Indonesia dalam survei tersebut memosisikan pada level Sedang dengan skor 3.49.

Skor dihitung berdasarkan empat pilar literasi digital seperti kecakapan digital, etik, budaya, dan keamanan digital. Kenaikan skor indeks literasi digital ini merupakan suatu peningkatan, apabila dibandingkan dengan kondisi serupa pada 2020 lalu.

“Hasil survei pada 2020 menunjukkan skor 3,46. Kemenkominfo akan terus meningkatkan pencapaian tersebut dengan menyasar kelompok-kelompok strategis di masyarakat,” tegasnya.

3. Lanjutan webinar #MakinCakapDigital 2022

Tingkatkan Literasi Digital, Kemenkominfo-Siberkreasi Gelar Webinar Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) meluncurkan Program Literasi Digital Nasional bertajuk Indonesia Makin Cakap Digital di Basket Hall, Senayan, Jakarta, pada Kamis (20/5/2021). (Dok. Kominfo)

Webinar bagi warga Bengkulu besok merupakan lanjutan program kegiatan #MakinCakapDigital 2022 untuk komunitas dan masyarakat di Pulau Sumatra dan sekitarnya sepanjang Oktober.

Webinar menghadirkan Rizki Ardi Nugroho sebagai Entrepreneur & Podcaster, Syarif Maulana sebagai Business Consultant dan Praktisi Literasi Digital, serta Bayu Sutjiatmo yang menjabat Ketua Program Studi Perdagangan Internasional dari Politeknik APP Jakarta.

“Masyarakat atau komunitas yang ingin mengikuti webinar tersebut dapat mendaftarkan diri dengan mengisi formulir elektronik melalui tautan bit.ly/PendaftaraanSumatra25035,” tambahnya.

Informasi lebih lanjut mengenai program #MakinCakapDigital dapat diakses masyarakat melalui Media Literasi Digital Kominfo di situs info.literasidigital.id atau event.literasidigital.id.

Begitu juga di kanal Instagram @literasidigitalkominfo, Facebook Page Literasi Digital Kominfo. Atau media sosial Siberkreasi di Instagram, Facebook Page, Twitter, TikTok, dan Youtube Siberkreasi.

Baca Juga: Kemenkominfo Mengadakan Seminar Literasi Digital untuk Pesantren

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya