GoTo Gelar Maju Digital 2022, Konferensi Belasan Ribu UMKM Indonesia

KoMD Jilid II mendorong UMKM mentransformasi usaha digital

Palembang, IDN Times - Grup GoTo sebagai ekosistem digital terbesar Indonesia yang menaungi Gojek, Tokopedia, dan GoTo Financial (GTF), kembali menggelar Konferensi Maju Digital (KoMD) untuk pegiat UMKM. 

KoMD 2022 Edisi Kedua menjangkau belasan ribu pelaku UMKM, dengan tema besar ‘Transformasi Usaha Digital dan Ramah Lingkungan’ yang selaras dengan misi pemerintah Indonesia dalam Presidensi G20 2022 untuk mendorong kemajuan dan daya saing UMKM.

“Bersama lebih dari 15 juta mitra usaha, 2,6 juta mitra pengemudi dan lebih dari 67 juta pengguna bertransaksi tahunan. Ekosistem digital Grup GoTo berkontribusi sekitar 2 persen terhadap PDB Indonesia," kata Nila Marita, Chief of Corporate Affairs Grup GoTo, Kamis (27/10/2022).

Baca Juga: Kawasan Ilir Barat Palembang Bakal Disulap Jadi Mal UMKM

1. KoMD 2022 mendorong UMKM beradaptasi

GoTo Gelar Maju Digital 2022, Konferensi Belasan Ribu UMKM IndonesiaKonferensi Maju Digital 2022 (KoMD)

Dampak ekonomi yang besar tersebut tidak lepas dari peran UMKM sebagai penggerak sektor riil ekonomi Tanah Air, dan sebagai motor pendorong pemulihan ekonomi nasional. Grup GoTo melalui KoMD, mendorong kemajuan mitra UMKM melalui program edukasi dan pemberdayaan berkelanjutan.

“KoMD adalah konferensi UMKM nasional terbesar dari Grup GoTo untuk mendorong kapasitas pegiat UMKM Indonesia melalui berbagai inisiatif dan solusi teknologi, agar terus beradaptasi dengan perkembangan dunia usaha masa kini. Kehadiran KoMD 2022 dilatarbelakangi oleh tingginya animo peserta rangkaian KoMD 2021,” ungkap Group Head of Merchant Marketing Gojek dan GoTo Financial, Bayu Ramadhan.

Menurut Bayu, lebih dari 14 ribu peserta dari UMKM berpartisipasi dalam rangkaian KoMD 2021. Mayoritas peserta itu berasal dari Jabodetabek, Surabaya, Medan, Makassar dan Manado.

Baca Juga: Tips Bikin Foto Produk Jualan Online yang Menarik Konsumen Tokopedia

2. UMKM harus menjadi pilihan masyarakat

GoTo Gelar Maju Digital 2022, Konferensi Belasan Ribu UMKM IndonesiaKonferensi Maju Digital 2022 (KoMD)

VP of Seller Experience Tokopedia, Puput Hidayat mengatakan, Grup GoTo rutin menyelenggarakan Kelas Maju Digital (KeMD) pada tahun lalu. Melalui KeMD, Grup GoTo membekali pengembangan usaha dan kompetensi kewirausahaan kepada UMKM di seluruh penjuru Indonesia.

Tujuannya agar semakin UMKM menjadi pilihan masyarakat. KeMD dapat terlaksana melalui kolaborasi Grup GoTo dengan pemerintah daerah dan UMKM lokal untuk membantu pemulihan ekonomi daerah.

“Tahun ini, KeMD 2022 menghadirkan berbagai topik sesuai kebutuhan UMKM dari berbagai skala, antara lain, pemanfaatan media sosial, pengelolaan keuangan, hingga pembangunan bisnis yang ramah lingkungan. Banyak pegiat usaha lokal yang hadir sebagai narasumber dan siap berbagi inspirasi seperti pemilik KEM Footwear, Buttonscarves, Erigo, SukkhaCitta, Teguk, Wakacao dan masih banyak lagi,” tambah Puput.

3. Usaha Grup GoTo berdayakan UMKM

GoTo Gelar Maju Digital 2022, Konferensi Belasan Ribu UMKM IndonesiaKonferensi Maju Digital 2022 (KoMD)

Selain melalui KoMD dan KeMD, UMKM di berbagai daerah juga bisa memperoleh wawasan dari sesama UMKM melalui Komunitas Partner GoFood (KOMPAG), Keluarga Tokopedia (K-Top), dan Komunitas Retail GoTo Financial (KONTAG).

Grup GoTo mencatat jumlah pegiat UMKM yang bergabung di KOMPAG, K-Top dan KONTAG, bertambah hingga lebih dari 80 ribu dalam setahun terakhir. KoMD dan KeMD merupakan bagian dari upaya pemberdayaan UMKM yang telah menjadi mitra usaha Grup GoTo.

4. KoMD Jilid 2 digelar secara offline

GoTo Gelar Maju Digital 2022, Konferensi Belasan Ribu UMKM IndonesiaKonferensi Maju Digital 2022 (KoMD)

Sejumlah pakar dari berbagai bidang akan hadir dalam KoMD 2022 untuk berbagi pengalaman, berdiskusi, serta memberi pelatihan dalam rangkaian kelas yang diikuti oleh pegiat UMKM. Mereka didorong untuk mengembangkan bisnis dengan memanfaatkan teknologi digital. 

Berbeda dengan tahun sebelumnya, konferensi pada tahun ini berlangsung secara tatap muka (offline) di The Kasablanka Hall, Kota Kasablanka, Jakarta. Namun UMKM atau masyarakat lain ikut disaksikan live kegiatan melalui website Tokopedia Academy, YouTube Mitra Usaha Gojek, YouTube Tokopedia Seller, Tokopedia PLAY dan GoPlay.

Baca Juga: Hyperlocal Tokopedia Dorong Pemerataan Ekonomi Digital di Sumatra

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya