Tim SAR Sudah Mendarat di Lokasi Jatuhnya Helikopter Kapolda Jambi

Basarnas RI dan TNI AU bantu evakuasi Kapolda Jambi

Jambi, IDN Times - Posko pencarian dan pertolongan korban kecelakaan helikopter yang ditumpangi Kapolda Jambi, Irjen Pol Rusdi Hartono, dibantu oleh personel gabungan dari TNI AU dan Basarnas RI.

Seperti disampaikan Kabid Humas Polda Jambi, dua helikopter siang ini dijadwalkan tiba di Jambi. Satu unit dari Basarnas dan TNI AU helikopter jenis fuma berikut peralatan membantu evakuasi terhadap para korban.

"Nanti ada dua heli lagi yang didatangkan, dari Basarnas dan TNI AU. Heli dari Basarnas tiba pukul 1 siang nanti, TNI AU kita masih menunggu," kata Kombes Pol Mulia Prianto, Senin (20/2/2023).

Humas Basarnas Jambi, Luthfi mengatakan, ada tiga orang tim SAR dari Basarnas RI yang membantu proses evakuasi delapan korban kecelakaan Heli Bell 412 Special Performance (SP) yang ditumpangi Irjen Pol Rusdi Hartono.

Helokopter milik Basarnas ini dilengkapi dengan Hoise, peralatan yang biasanya digunakan untuk mengevakuasi korban dari udara. Alat ini dianggap cukup efektif untuk mengevakuasi korban di Bukit Tamiai dengan kontur wilayah hutan lebat. Total lima helikopter melakukan upaya evakuasi kepada para korban.

"Heli Basarnas Jambi posisinya sudah berada di Pekanbaru dari Medan dan bergerak ke Jambi untuk mengevakuasi. Ada Tim Rescue juga dari Basarnas Jambi," Kata Luthfi.

Baca Juga: Tim Gabungan Berhasil Temukan Kapolda Jambi dan Rombongan

1. Seluruh korban sudah ditemukan

Tim SAR Sudah Mendarat di Lokasi Jatuhnya Helikopter Kapolda JambiTim SAR bersiap menuji lokasi evakuasi kapolda jambi. (Idn Times/Dedy Nurdin)

Tim SAR gabungan akhirnya berhasil menemukan korban jatuhnya Heli Bell 412, Senin (20/2/2023) pagi. Tim gabungan mencapai lokasi koordinat yang berada di kawasan hutan Bukit Tamiai, Muara Emat, Kabupaten Kerinci sekitar pukul 10.00 WIB.

Dalam keterangan Kabid Humas Polda Jambi, tim bertemu langsung dengan Kapolda Jambi dan tujuh penumpang lainnya di titik koordinat yang diterima dari para korban. Lokasinya berada di kawasan Nukit Tamiai, Muara Emat, Kabupaten Jerinci. Kawasan ini masuk dalam Taman Nasional Kerinci Sebelat (TNKS).

"Logistik juga sudah disampaikan langsung, dan hari ini akan dilakukan evakuasi," kata Kabid Humas Polda Jambi, Kombes Pol Mulia Prianto. Untuk evakuasi rencananya akan dilakukan melalui jalur udara menuju RS Bayangkara di Kota Jambi.

"Tim darat tidak memukinkan evakuasi melalui jalur darat," katanya.

Direktur Rumah Sakit Bayangkara Jambi, Kombes Pol M El Yandiko menyampaikan, kondisi rombongan Kapolda Jambi masih stabil dan dalam keadaan sadar. Tim Dokes Polda Jambi juga menurunkan tim medis, dokter bedah, dokter anestesi.

"Nantinya akan dilakukan evaluasi. Jika dibutuhkan tindakan medis dilokasi," katanya.

Sementara itu terlihat di posko penyelamatan di Bandara Sulthan Thaha Saipudin Jambi sejumlah ambulan dan peralatan kesehatan sudah disiapkan.puluhan personel juga telah stand by untuk menanti kedatanga Kapolda Jambi, Brigjen Pol Rusdi Hartono.

Baca Juga: Butuh 2 Hari Jalan Darat ke Lokasi Helikopter Jatuh Kapolda Jambi

2. Data korban

Tim SAR Sudah Mendarat di Lokasi Jatuhnya Helikopter Kapolda JambiTim SAR bersiap menuji lokaso evakuasi kapolda jambi. (Idn Times/Dedy Nurdin)

Berdasarkan rilis dari Humas Polda Jambi, terdapat delapan orang di helikopter jenis Hell Bell 412 SP. Penumpang terdiri dari tiga orang awak helikopter yakni Pilot AKP Ali Nurdin S Harahap, Copilot AKP, Amos Freddy P Sitompul, dan Mekanik an AIPDA Susilo.

Sementara para penumpang yakni Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono, Dir Reskrimum Polda Jambi Kombes Pol Andri Ananta Yudhistira, Dir Polair Polda Jambi Kombes Pol Michael Mumbunan, Koorspripim Kompol Ayani, dan ADC Briptu Muhardi Aditya.

3. Tim SAR sudah bertemu korban

Tim SAR Sudah Mendarat di Lokasi Jatuhnya Helikopter Kapolda JambiTim SAR bersiap menuji lokasi evakuasi kapolda jambi. (Idn Times/Dedy Nurdin)

Sebelumnya tiga helikopter telah dikerahkan untik mencari para korban. Tim SAR gabungan dari Basarnas, Polda Jambi, dan TNI dari Korem 042/Gapu, telah tiba di titik koordinat kecelakaan.

Tim SAR juga sudah bertemu dengan delapan korban dan langsung memberikan bantuan logistik. Karo Ops Polda Jambi, Kombes Feri Handoko Soenarso mengatakan, kondisi Kapolda Jambi dan tujuh orang penumpang lainnya masih stabil dan dalam keadaan stabil meski mengalami cedera.

"Kondisi saat ini masih stabil. Pendarahan tidak terlalu. Nyeri dan ada cedera yang belum bisa kita pastikan," katanya.

Baca Juga: Spesifikasi Helikopter Bell 412 SP yang Ditumpangi Kapolda Jambi

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya