Wapres Ma'aruf Amin Buka MHF di Padang, Festival Halal Terbesar

Ada 30 jenis kegiatan, 14 industri halal, dan 140 UMKM

Padang, IDN Times - Wakil Presiden (Wapres) RI, Ma'ruf Amin, dijadwalkan bertolak Padang, Sumatra Barat (Sumbar), untuk meresmikan Minangkabau Halal Festival (MHF) 2023 di Auditorium Universitas Negeri Padang (UNP) pada 8-10 September 2023.

Menurut Gubernur Sumbar, Mahyeldi, MHF 2023 merupakan festival halal terbesar di yang menghadirkan 30 lebih jenis kegiatan, 14 industri halal, 140 stan UMKM, dan 25 lebih bintang tamu.

"MHF 2023 dinisiasi oleh UNP melalui Pusat Kajian Halal (PKH) UNP dengan menggandeng Masyarakat Ekonomi Syariah Sumbar, Pemprov, dan Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) Sumbar, serta event organizer nasional yang sudah berpengalaman," kata Mahyeldi, Selasa (5/9/2023).

Baca Juga: Kualitas Udara di Padang Mulai Memburuk, Warga Diminta Kenakan Masker

1. Tren wisata halal harapan negara muslim

Wapres Ma'aruf Amin Buka MHF di Padang, Festival Halal TerbesarGubernur Sumatra Barat Mahyeldi Ansharullah. (IDN Times/Herka Yanis)

Mahyeldi bilang, industri halal merupakan peluang yang sangat dilirik dunia saat ini. Tren wisata halal sudah menjadi harapan banyak negara Muslim di dunia.

Kehadiran festival halal di Sumbar secara otomatis akan semakin memantapkan dan memperkuat Ranah Minang menuju provinsi terdepan dalam wisata halal.

Baca Juga: 3 Wanita Padang Cekoki Kucing dengan Miras Ditangkap Polisi

2. Festival halal pertama di luar Pulau jawa

Wapres Ma'aruf Amin Buka MHF di Padang, Festival Halal TerbesarTravel Halal

Dekan Fakultas Pariwisata dan Perhotelan (FPP) UNP, Asmar Yulastr mengatakan, perhelatan Minangkabau Halal Festival merupakan acara halal pertama yang diselenggarakan di luar Pulau jawa. Sebelumnya, acara serupa pernah diselenggarakan di Jogja dan Surabaya.

"Helatan MHF ini akan semakin meningkatkan peran UNP dalam upaya mewujudkan industri halal di Minangkabau," ujar Asmar.

3. Sumbar mengklaim sebagai pusat wisata halal

Wapres Ma'aruf Amin Buka MHF di Padang, Festival Halal Terbesarilustrasi Masjid Raya Sumatra Barat di Indonesia (commons.wikimedia.org/Adhmi)

Perwakilan event organizer MHF, Fitria, mengungkap alasan dipilihnya Sumbar sebagai tempat penyelenggaraan helatan ini. Menurutnya, Ranah Minang merupakan pusat wisata halal di Indonesia. Ia memastikan MHF tahun ini dikemas berbeda dengan Jogja dan Surabaya.

"Nanti juga ada penyerahan sertifikasi halal bagi UMKM serta olimpiade halal yang diikuti siswa SMA/SMK se-Sumbar. Kegiatan ini gratis dan terbuka untuk umum. Masyarakat nantinya dapat menikmati berbagai stan UMKM kuliner maupun fashion dan lainnya," tutup Fitria.

Baca Juga: Pemko Klaim Kota Padang Belum Terdampak El Nino

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya