Comscore Tracker

Satu Jamaah Haji Sumbar Meninggal di Madinah

Sempat dirujuk ke rumah sakit King Fahd

Padang, IDN Times - Kantor wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatra Barat merilis, satu jamaah haji atas nama Bangun Lubis Wahid asal Rao Utara, Kabupaten Pasaman, meninggal di Madinah.
 
Bangun Lubis, sebelum meninggal pada Jumat (10/6/2022) sempat dirujuk ke RSAS King Fahd. Jamaah itu sempat mendapatkan perawatan medis di sana. 
 
“Meninggal di Madinah. Nomor manifes yang bersangkutan 262. Meninggal pukul 17.20 waktu setempat,” kata Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Sumbar, Joben, Sabtu (11/6/2022).

Baca Juga: Ratusan Tamu Allah Asal Sumbar Tiba di Asrama Haji 

1. Urusan administrasi sudah dilakukan

Satu Jamaah Haji Sumbar Meninggal di MadinahIlustrasi jenazah (IDN Times/Mardya Shakti)

Dijelaskan Joben, pihaknya sudah melakukan pengurusan administrasi terkait kematian Bangun Lubis. Urusan itu dilakukan di sektor dua Madinah dan Daker Madinah.

“Sudah dilakukan pengurusan administrasi. Oleh Daker, dilimpahkan ke KKHI untuk selanjutnya pengurusan pemulasaran jenazah almarhum,”ujar Joben.

2. Lima kloter sudah di Madinah

Satu Jamaah Haji Sumbar Meninggal di MadinahIlustrasi jemaah haji yang baru tiba dari Arab Saudi. ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumatra Barat, Helmi menjelaskan, saat ini sudah 1.963 jemaah sudah tiba di Arab Saudi atau Madinah yang tergabung dalam lima kloter sudah tiba di Arab Saudi atau Madinah.
 
“Semua Jemaah kita dalam keadaan sehat,” ujar Helmi.

3. Delapan kloter

Satu Jamaah Haji Sumbar Meninggal di MadinahIlustrasi jemaah haji Indonesia (ANTARA FOTO/Arnas Padda)

Kanwil Kemenag Sumbar tahun ini memberangkatkan 2.093 orang calon jamaah haji terbagi dalam delapan kloter. Lima kloter di antaranya berasal dari Sumbar.

Sedangkan dua kloter lainnya, yakni kloter berisi jamaah asal Provinsi Bengkulu dan kloter tujuh diisi oleh jemaah dari beberapa wilayah. Kloter ini disebut dengan Kloter Nusantara. 

Baca Juga: Ratusan Jemaah Haji di Sumbar Masuk Asrama Mulai Besok 

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya