Comscore Tracker

RSUP M Djamil Sumbar Jadi Rujukan Kasus Berat Hepatitis Misterius

Ada ruang isolasi, delapan kamar, dokter anak dan patologi

Padang, IDN Times - Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) dr M Djamil Padang, Sumatra Barat (Sumbar), menjadi satu-satunya rumah sakit yang dijadikan rujukan untuk menangani kasus berat Hepatitis Unknown Etiology, atau yang lebih tren disebut dengan hepatitis misterius.

Menurut Kepala Bidang Pelayanan RSUP dr M Djamil Padang, dr Bestari mengatakan pada Rabu (11/5/2022), pihaknya kini sudah menyiapkan segala kebutuhan untuk memperlancar proses penanganan apabila ditemukan kasus tersebut.

1. Siapkan delapan tempat tidur dan ruang isolasi

RSUP M Djamil Sumbar Jadi Rujukan Kasus Berat Hepatitis Misteriuswebmd.com

Ia menyebutkan, konsep hepatitis misterius ini baru sehingga dianggap sebagai emergency dengan tingkat fatality yang tinggi. Sesuai arahan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes), RSUP M Djamil diminta meningkatkan kewaspadaan dan siap menjadi rujukan dengan pasien bergejala berat.

“Saat ini sudah disiapkan ruang isolasi. Ada delapan tempat tidur yang disiapkan,” ujarnya.

Baca Juga: Kasus Suspek Hepatitis Misterius Ditemukan di Sumatra Barat 

2. Puskesmas harus punya akses cepat

RSUP M Djamil Sumbar Jadi Rujukan Kasus Berat Hepatitis Misteriusilustrasi virus hepatitis E (pei.de)

Ia menjelaskan, persiapan untuk menghadapi potensi meledaknya kasus hepatitis misterius ini harus menerapkan deteksi sedini mungkin. Sebab pihaknya belum tahu pasti kondisi ke depan.

Selain itu, setiap Puskesmas harus memiliki akses yang cepat ke rumah sakit agar penanganan juga bisa dilakukan apabila ditemukan kasus baru. 

3. Siapkan dokter anak hingga patologi

RSUP M Djamil Sumbar Jadi Rujukan Kasus Berat Hepatitis Misteriusilustrasi vaksin atau jarum suntik (IDN Times/Arief Rahmat)

Bestari juga menyebutkan, pihaknya juga sudah menyiapkan tenaga ahli seperti dokter spesialis anak dan dokter Patologi. Dengan harapan jika ada kasus temuan, pasien bisa ditangani dengan cepat dan tepat. 

Baca Juga: Dinkes Sumbar Minta Hepatitis Misterius Tak Dikaitkan dengan Vaksin 

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya