Comscore Tracker

Profil Lanosin Bupati OKU Timur, Adik Kandung Gubernur Sumsel

Nama Lanosin ternyata memiliki arti Anak ke-12

Menjalani aktivitas keseharian dengan bersepeda, Lanosin sedari kecil sering mengayuh kakinya hingga tempat tujuan yang ia inginkan, termasuk pergi ke sekolah. Sudah 43 silam sejak Lanosin lahir, kini pria asal Desa Gumawang itu menjabat Bupati Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Sumatra Selatan (Sumsel).

Lanosin besar di Kecamatan Belitang, OKU Timur. Mantan Aparatur Sipil Negara (ASN) itu menag pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020. Pemilik nama lengkap Lanosin Hamzah merupakan alumni sarjana teknik, sekaligus adik kandung Gubernur Sumsel periode 2018-2023, Herman Deru.

1. Nama Lanosin berati anak ke-12

Profil Lanosin Bupati OKU Timur, Adik Kandung Gubernur SumselAdik kandung Herman Deru, Lanosin Hamzah menerima SK pengangkatan sebagai bupati dari sang kakak (IDN Times/istimewa)

Fakta menariknya, Lanosin adalah nama dengan kepanjangan khusus. Lanosin adalah Anak Lanang Nomor Selusin (anak cowok nomor 12). Ia memang anak ke-12 dari total 14 saudara. Lanosin merupakan anak lelaki dari pasangan Hamzah (Alm) dan Hayani (Alm).

Putra asli Komering yang lahir pada 31 Mei 1978 ini mendapat tanggung jawab mengatur roda pemerintahan di OKU Timur bersama Adi Nugraha sebagai Wakil Bupati hingga 2025.

Baca Juga: Profil Herman Deru: Sempat Jadi ASN Hingga Gubernur Sumatra Selatan

2. Alumni Sarjana Teknik Universitas Sriwijaya

Profil Lanosin Bupati OKU Timur, Adik Kandung Gubernur SumselProfil Lanosin Bupati OKU Timur, Adik Gubernur Sumsel Herman Deru (IDN Times/Istimewa)

Lanosin akrab disapa Enos sejak ia sekolah. Ia mengenyam pendidikan di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Universitas Sriwijaya (Unsri) angkatan 1995. Dirinya juga sempat sekolah di SD Negeri 1 Sidomulyo, SMP Negeri 1 Belitang, dan di SMA Negeri 1 Belitang.

Kisah singkat Lanosin hingga menjadi Bupati OKU Timur tidak terlepas dari dukungan keluarga. Jiwa kemimpinan Lanosin tumbuh sejak ia di sekolah, sebab ia menerima pengaruh kuat dari sang ayah yang dulunya merupakan pesirah legendaris di Bumi Sriwijaya.

Ayah Lanosin, Hamzah, merupakan seorang guru sekolah dasar yang sukses menjadi kepala sekolah. Ayahnya pun pernah dipercaya menjadi Pesirah (Pembantu Bupati) sekitar tahun 1964. Saat itu, usianya baru menginjak 26 tahun namun mendapat tugas mengatur sekitar 40 desa.

Baca Juga: Profil Slamet Somosentono Wabup Banyuasin, 4 Kali Pindah Partai

3. Lanosin memiliki tiga orang anak

Profil Lanosin Bupati OKU Timur, Adik Kandung Gubernur SumselProfil Lanosin Bupati OKU Timur, Adik Gubernur Sumsel Herman Deru (IDN Times/Istimewa)

Karena sosok ayahnya itu, Lanosin mewarisi watak sang bapak sebagai tauladan. Bahkan Lanosin memiliki tujuan untuk memimpin serta menerapkan disiplin yang tertib.

Bagi Lanosin, didikan keras dari ayahnya mencontohkan perilaku yang konsisten menjaga solidaritas dan kepentingan bersama. Berbeda dari sang ayah yang disiplin tinggi, Lanosin menerima didikan melakukan manajemen yang baik dalam segala bidang hasil pengajaran ibunya.

Lanosin kini telah memiliki tiga orang anak dari istrinya yang berprofesi sebagai dokter. Sebelum menjadi Bupati OKU Timur, Lanosin pernah bekerja menjadi pengusaha. Ia terlibat dalam usaha padi dan sejumlah komoditas lain di OKU Timur.

Baca Juga: Profil Dodi Reza Alex, Terjun ke Politik Ikuti Jejak Orang Tua

4. Sempat bekerja sebagai ASN di Pemkot Palembang

Profil Lanosin Bupati OKU Timur, Adik Kandung Gubernur SumselProfil Lanosin Bupati OKU Timur, Adik Gubernur Sumsel Herman Deru (IDN Times/Istimewa)

Tidak saja menjajaki sektor usaha skala kecil hingga berkembang menjadi pengusaha besar, Lanosin sempat menjadi abdi negara sebagai ASN di Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang tepat sebelum terpilih menjadi Bupati OKU Timur.

Selain aktif sebagai pejabat daerah, Lanosin juga menjabat sebagai Ikatan Sarjana NU dan Koordinator OKU Raya, sekaligus menjadi pengurus Dewan Pakar Forum Koordinasi Pelapor Perdamaian hingga 2022.

Lanosin menerima beberapa penghargaan selama ia berkarier, seperti meraih penghargaan bergengsi ajang Mata Lokal Award dengan kategori Pemda Inovasi yang dipersembahkan oleh Tribun Sumsel-Sriwijaya.

Prestasi tersebut diraihnya karena dianggap sukses mengangkat budaya komering masuk ke dalam kurikulum pelajaran di sekolah. Ia juga menerima anugerah Asosiasi LPPL Indonesia Award tahun 2021. Lanosin menjadi Bupati Peduli Radio karena telah memberikan perhatian kepada lembaga penyiaran.

5. Lanosin berhasil menerima beberapa penghargaan atas etos kerjanya

Profil Lanosin Bupati OKU Timur, Adik Kandung Gubernur SumselAdik kandung Herman Deru, Lanosin Hamzah menerima SK pengangkatan sebagai bupati dari sang kakak (IDN Times/istimewa)

Penghargaan lain yang diberikan kepada Lanosis adalah Road Manegemen System dari Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan PSDA.

Ia juga membawa Kabupaten OKU Timur terbaik kedua untuk pencapaian indikator makro pembangunan dan kualitas dokumen perencanaan.

Baca Juga: Profil Juarsah Bupati Muara Enim Tersingkat Hanya 1,5 Bulan

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya