Comscore Tracker

4 Sikap dan Cara Millennial Memaknai Peringatan Hari Pahlawan

Penetapan hari Pahlawan sejak tahun 1959

Perjuangan pahlawan merebut kemerdekaan menjadi bukti bangsa Indonesia memiliki pemuda dan pemudi kuat, serta bertanggung jawab dengan jiwa patriot. Sejak tanggal 10 November tahun 1959, Hari Pahlawan ditetapkan melalui Keputusan Presiden nomor 316 tentang Hari Nasional yang bukan hari libur.

Sebagai generasi muda Tanah Air, millennial harus tetap mengepresiasi perjuangan para pahlawan dengan memberikan kontribusi sesuai perkembangan zaman. Seperti mempertahankan kesejahteraan Indonesia menjadi lebih baik.

Selain menumbuhkan rasa empati dan jiwa berjuang, millennial bisa memaknai Hari Pahlawan dengan perilaku positif. Berikut IDN Times bagikan sikap-sikap baik yang harus dimiliki anak muda saat memperingati Hari Pahlawan.

1. Jadikan Hari Pahlawan sebagai motivasi menjalani kehidupan

4 Sikap dan Cara Millennial Memaknai Peringatan Hari PahlawanSeorang veteran memberi hormat di makam para pahlawan (ANTARA FOTO/Ardiansyah)

Sikap berjuang tidak mesti muncul ketika berperang. Dalam kehidupan sehari-hari pun memperjuangkan sesuatu harus tumbuh dalam diri anak muda. Seperti berjuang meraih prestasi atau menarget pencapaian cita-cita. Jadikan Hari Pahlawan sebagai motivasi menjalani kehidupan, bukan hanya sekadar momentum perjuangan.

Hari Pahlawan harus dijadikan semangat baru dalam membangun bangsa. Tidak sekadar sebagai peringatan hari besar, tetapi generasi muda bisa mengedepankan sila Pancasila dan menjaga etika. Terpenting dalam menghargai perjuangan pahlawan, sebagai warga negara tauladan mampu menciptakan prestasi bukan perpecahan.

Baca Juga: 7 Fakta Sultan Mahmud Badaruddin II, Pejuang Palembang yang Dilukis

2. Hari Pahlawan sebagai pembuktian dan evaluasi diri generasi muda

4 Sikap dan Cara Millennial Memaknai Peringatan Hari PahlawanTaman Makam Pahlawan Nasional Utama di Kalibata, Jakarta (IDN Times/Sunariyah)

Bukan sebatas momentum, peringatan Hari Pahlawan setiap 10 November dapat dimaknai sebagai evaluasi diri. Hari Pahlawan tidak hanya untuk mengenang jasa pahlawan, tetapi tiap individu harus mampu menjadi pahlawan di masa sekarang.

Buktikan dengan pencapaian rencana hidup yang bertujuan mengubah masa depan. Generasi muda bisa memaknai pengorbanan pahlawan bangsa, dengan mengedepankan sikap tangguh dan pantang menyerah serta gigih berjuang.

Baca Juga: 5 Pahlawan Nasional Berlatar Belakang Santri

3. Millennial mampu jadi pahlawan negeri sesuai kemapuan masing-masing

4 Sikap dan Cara Millennial Memaknai Peringatan Hari PahlawanTaman Makam Pahlawan Nasional Utama di Kalibata, Jakarta (IDN Times/Sunariyah)

Jika pada zamannya pahlawan rela merebut kemerdekaan hingga mempertaruhkan nyawa dan menyebabkan pertumpahan darah, millennial pun bisa menjadi sosok pahlawan dengan pembuktian sesuai kemampuan, pekerjaan, dan kapasitas masing-masing. Seperti pesan keturunan pahlawan nasional yang juga keturunan Sunan Kalijaga, Nyi Ageng Serang.

"Untuk keamanan dan kesentausaan jiwa, kita harus mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa, orang yang mendekatkan diri kepada Tuhan tidak akan terperosok hidupnya, dan tidak akan takut menghadapi cobaan hidup, karena Tuhan akan selalu menuntun dan melimpahkan anugerah yang tidak ternilai harganya."

4. Memaknai Hari Pahlawan dengan sikap bertanggung jawab dan amanah

4 Sikap dan Cara Millennial Memaknai Peringatan Hari PahlawanSuasana Taman Makam Pahlawan Nasional Utama di Kalibata, Jakarta (IDN Times/Sunariyah)

Paling sederhana, peringatan Hari Pahlawan harus dimaknai dengan perilaku sopan dan jangan bersikap tidak bertanggung jawab, terutama jika sudah mengemban amanah.

Jadikan jasa pahlawan-pahlawan nasional dengan mengambil konteks kemajuan NKRI, seperti komitmen menjaga perdamaian. Atau bekerja sama menjunjung Bhineka Tunggal Ika dengan mencerminkan sikap ramah tamah dan baik terhadap siapa saja.

Baca Juga: Riwayat Perjuangan KH Masjkur, Tokoh NU yang Jadi Pahlawan Nasional

Topic:

  • Feny Maulia Agustin
  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya