Comscore Tracker

4 Alasan Kenapa Lansia Tak Perlu Khawatir Vaksinasi COVID-19

Salah satu cara melindungi diri dari infeksi COVID-19

Palembang, IDN Times - Vaksinasi COVID-19 bagi usia lanjut atau lansia mulai dikasanakan di sejumlah wilayah, termasuk di Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Mohammad Hoesin (RSUP MH) Palembang. Namun bagi beberapa orang berusia lanjut, vaksinasi COVID-19 masih menjadi kekhawatiran.

Menurut Dokter Kandungan di RSUP MH Palembang, Ferry Yusrizal, sebagai salah satu nakes usia lanjut yang menjalani vaksinasi, masyarakat usia di atas 60 tahun tidak perlu takut menerima vaksin. Sebab penyuntikan sinovac dalam tubuh dapat menjadi perlindungan diri.

"Kalau ada yang bilang masih bisa terpapar COVID-19 setelah vaksinasi itu benar. Karena memang efektivitas itu tergantung masing-masing orang, kondisi imunnya dan balik lagi ke kepercayaan," ujarnya usai disuntik sinovac, Selasa (9/2/2021).

1. Potensi masih terpapar COVID-19 tergantung imunitas masing-masing orang

4 Alasan Kenapa Lansia Tak Perlu Khawatir Vaksinasi COVID-19Situasi di RSMH Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Ferry menyebut, sebagai bagian dari tenaga medis yang memahami manfaat vaksinasi, ada empat alasan konkret bagi lansia agar tak merasa khawatir. Pemberian vaksin ke dalam tubuh menjadi modal awal agar diri memiliki imun lebih tinggi, walaupun paparan infeksi COVID-19 masih bisa terjadi.

"Karena efektivitasnya tadi, jadi wajar saja ada yang masih terpapat, ada yang gak (terinfeksi kembali COVID-19)," kata dia.

Baca Juga: 19 Orang Nakes Lansia di RSMH Palembang Jalani Vaksinasi COVID-19 

2. Cari informasi positif terlebih dahulu

4 Alasan Kenapa Lansia Tak Perlu Khawatir Vaksinasi COVID-19Situasi di RSMH Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Ferry melanjutkan, para lansia bisa mengatasi rasa khawatir terhadap vaksinasi COVID-19, seperti menerima informasi positif dan ikut sosialisasi sebagai bentuk edukasi diri.

"Beberapa yang perlu dicari tahu seperti baca informasi terpercaya, tanya yang sudah pengalaman, jangan asal-asal judge, cari infornasi yang benar-benar objektif berdasarkan informasi ilmiah dan baca-baca jurnal yang dikeluarkan lembaga resmi," jelasnya.

3. Tanya pihak yang telah melakukan vaksinasi COVID-19

4 Alasan Kenapa Lansia Tak Perlu Khawatir Vaksinasi COVID-19Situasi di RSMH Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Vaksinasi COVID-19 dalam kondisi pandemik seperti sekarang memang perlu dilakukan. Selain membuat rasa percaya diri, vaksinasi merupakan bentuk ikhtiar publik untuk menekan risiko terpapar virus corona.

"Utamakan tanya yang sudah vaksinasi bagaimana kondisinya. Jadi gak ada kekhawatiran untuk kita. Vaksinasi ini artinya kita ikhtiar dalam agama, bukan untuk diyakini atau percaya bisa mengebalkan tubuh. Ikhtiar agar tidak terinfeksi," tandas dia.

Baca Juga: Vaksin COVID-19 dari Sinovac Diklaim Sukses Picu Imunitas bagi Lansia

Topic:

  • Feny Maulia Agustin
  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya