Kalah dari Thailand, Indonesia Gagal ke Semifinal Piala AFF U18 Wanita

Indonesia terpaksa menyerah dari Thailand dengan skor 3-0

Palembang, IDN Times - Timnas putri Indonesia terpaksa menyerah dari Thailand dengan skor 3-0 di laga penentu Piala AFF U18 Wanita, Kamis (28/7/2022) malam. Hasil pertandingan yang berlangsung di Stadion Gelora Sriwijaya (GSJ) Palembang itu membuat Garuda Pertiwi gagal masuk semifinal.

"Mohon maaf kami harus berhenti di fase group ini," ujar pelatih Kepala timnas Indonesia, Rudy Eka Priyambada usai pertandingan berakhir.

Baca Juga: Piala AFF U-18 Wanita: Stamina Drop, Indonesia kalah 2-1 dari Vietnam

1. Indonesia berusaha menyerang Thailand sejak awal pertandingan

Kalah dari Thailand, Indonesia Gagal ke Semifinal Piala AFF U18 WanitaPertandingan Indonesia vs Thailand di Piala AFF U18 Wanita 2022 (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Gol pertama dari Thailand berhasil dicetak Supansa Trisutho pada awal babak pertama di menit kedua. Padahal saat pertandingan baru dimulai, Indonesia sudah berusaha melancarkan serangan ke arah gawang tim lawan.

Mencoba memberikan performa terbaik setelah kebobolan 1-0, ternyata timnas tak mampu mempertahankan gawang. Gol kedua berhasil dicetak Thailand di menit 25 yang juga berasal dari kaki Supansa Trisuhto. Skor 2-0 bertahan sampai waktu turun minum.

2. Pelatih timnas Indonesia sebut pemain baru bermain bagus di babak kedua

Kalah dari Thailand, Indonesia Gagal ke Semifinal Piala AFF U18 WanitaPertandingan Piala AFF U-18 Wanita 2022 (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Memasuki babak kedua, Thailand sempat kewalahan menghadapi para pemain Indonesia. Serangan balik bertubi-tubi diberikan Garuda Pertiwi hingga tercipta peluang tanpa berhasil membobol gawang lawan.

Berupaya optimal mempertahankan lini belakang namun timnas kembali gagal. Thailand sukses menjebol gawang Indonesia untuk ketiga kalinya di menit ke-52 dari tendangan Pichayatida Manowang. Skor 3-0 harus diterima timnas hingga peluit panjang berbunyi.

"Kita masih berproses membangun sepak bola Indonesia. Babak kedua pemain lebih baik, di babak pertama panasnya telat, pressing-nya kurang berani," kata dia.

3. Indonesia mengakui kemampuan Thailand profesional

Kalah dari Thailand, Indonesia Gagal ke Semifinal Piala AFF U18 WanitaPertandingan Indonesia vs Thailand di Piala AFF U18 Wanita 2022 (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Rudy mengaku, para pemain Indonesia kurang memberi tekanan ke gawang Thailand pada babak pertama. Selain itu, banyak antisipasi serangan balik dari Thailand yang tak terduga sehingga membuat pemain sulit menghadapinya.

“Tapi memang kualitas Thailand cukup baik. Kita terlambat antisipasi dan ada beberapa kesempatan tidak dimaksimalkan lebih baik," ungkapnya.

4. Thailand memuji penampilan Indonesia di Piala AFF U18 Wanita 2022

Kalah dari Thailand, Indonesia Gagal ke Semifinal Piala AFF U18 WanitaPertandingan Indonesia vs Thailand di Piala AFF U18 Wanita 2022 (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Sementara kata Pelatih Kepala Timnas Thailand, Miyo Okamoto, pertandingan terakhir di Grup A Piala AFF U18 Wanita melawan Indonesia merupakan kompetisi paling berat dibandingkan beberapa pertandingan sebelumnya.

“Ini pertaindingan berat karena Indonesia bermain sangat bagus. Kami puas bermain malam ini," tandas dia.

Baca Juga: Menilik Perjalanan Timnas U-16 Indonesia di Piala AFF U-16

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya