Tekuni Olahraga Sepatu Roda, jika Anda Ingin Mendapat Manfaat Ini

Permainan yang bertransformasi menjadi cabang olahraga

Palembang, IDN Times - Bagi sebagian orang, sepatu roda kerap dianggap tak lebih dari sebuah permainan atau hobi masa anak-anak. Walaupun seiring berprosesnya waktu, sepatu roda sudah menjadi satu cabang olahraga (cabor) dan pada even Asian Games 2018 lalu, sepatu roda sudah dilombakan.

Terlepas dari semua itu, selain disukai kalangan anak-anak dan remaja, sepatu roda memiliki manfaat yang baik jika ditekuni dalam keseharian.  

Baca Juga: Penuh Keseruan, 5 Game Terbaik Bertema Sepatu Roda Ini Patut Kamu Coba

1. Sepatu roda bisa membuat kerja jantung lebih baik

Sekretaris Umum (Sekum) Persatuan Sepatu Roda Seluruh Indonesia (Persorasi) Sumsel, Wildan Hadi Usgar mengatakan, dalam kesehatan, sepatu roda bisa membuat jantung lebih baik.

"Baik untuk jantung dan bisa membakar kalori. Kemudian bisa menguatkan kaki dan daya tahan tubuh. Serta melatih syaraf motorik, meningkatkan konsentrasi dan menyeimbangkan otak kiri dan kanan," katanya.

2. Berawal dari bermain, sepatu roda bisa hadirkan prestasi

Kemudian, jelas Wildan, bermain sepatu roda juga bisa meningkatkan pola tidur lebih nyenyak dan berkualitas. terlebih, kalau dilakukan dengan rutin, maka keseimbangan kelincahan dan koordinasi tubuh akan terjaga.

"Sepatu roda juga bisa memperbaiki mood, dan menjadi satu cara mengalihkan anak-anak dari kecanduan gadget. Menghindari anak dari pergaulan yang tidak diinginkan, serta meningkatkan daya sosialisasi dan bergaul dalam menambah teman,"jelasnya.

"Dan paling penting, lewat sepatu roda yang awalnya hanya bermain, mereka bisa menjadi atlet dan mendapatkan prestasi," sambungnya.

3. Tiga tahun perkembangan sepatu roda di Palembang cukup pesat

Nah, untuk perkembangan di Palembang sendiri, Wildan mengatakan, selama tiga tahun ini olahraga sepatu roda mengalami perkembangan yang cukup pesat.

"Terpebih sejak adanya arena sepatu roda di Jakabaring Sport City (JSC). Ya dampaknya signifikan, tiga tahun terkahir mengalami perkembangan yang baik," katanya.

Baca Juga: Demi Bertemu Risma, Kakek Ini Bersepatu Roda dari Yogyakarta

4. Lombakan dua nomor, yakni Inline Freestyle dan Roller Speed

Wildan melanjutkan, pada cabor sepatu roda ini memiliki dua kelas yang harus dilombakan, yakni Inline Freestyle dan Roller Speed dengan perbedaan permainan dan pelaksanaan event.

"Inline Freestyle itu sepatu roda freestyle yang menawarkan empat atau lima roda yang diatur dalam satu baris, untuk memberikan kontrol dan keseimbangan yang lebih baik. Kalau Roller Speed (sepatu roda cepat) yang dilombakan setahun 5 kali secara nasional," tandasnya.

Topik:

  • Sidratul Muntaha

Berita Terkini Lainnya