Dua Pegolf Sumsel Pastikan Rebut Tiket PON Papua 2020 

Agus Noval Syahputra dan Arfanza Aulia Faturahmah

Palembang, IDN Times - Dua atlet golf Sumatera Selatan (Sumsel), M Agus Noval Syahputra dan Arfanza Aulia Faturahmah, memastikan lolos ke PON 2020 Papua, setelah menorehkan hasil yang cukup baik pada Pra-PON Ujung Pandang, Sulawesi Selatan (Sulsel), pada selasa (31/7) lalu. 

"Alhamdulilah kita sangat bersyukur. Ini hasil yang sebenarnya di luar target kita, kalau melihat dari persiapan. Dari seleksi atlet ke Pra PON kemarin lumayan mepet. Hanya sekitar satu setegah bulan saja," Kata Wakil Ketua Persatuan Golf Indonesia (PGI) Sumsel, Rojali Jaelani, di Lapangan Golf Palembang, Jumat (2/8).

1. Dua atlet golf Sumsel Agus dan Arfanza masuk daftar 49 besar

Dua Pegolf Sumsel Pastikan Rebut Tiket PON Papua 2020 IDN Times/Feny Maulia Agustin

Rojali mengungkapkan, pada Pra PON di Sulsel tersebut PGI Sumsel mengirimkan empat atlet terbaik. Namun, hanya dua atlet yang bisa lolos seleksi daerah. Dua atlet yang tidak bisa berlaga pada PON 2020 nanti adalah Sugianto Salim dan Siptoni.

Sementara, untuk Agus dan Arfanza berhasil masuk daftar ranking 49 atlet dari 100 pegolf di seluruh Indonesia. 

"Agus Noval tampil baik di round pertama mengumpulkan nilai 80, round kedua 74. Total nilai 154 atau +10. Sedangkan Arfanza pada round pertama membawa nilai 77, round kedua 86. Dengan total nilai 163 atau +19," ungkapnya.

2. Lolosnya dua pegolf Sumsel jadi pemicu pada pembinaan selanjutnya

Dua Pegolf Sumsel Pastikan Rebut Tiket PON Papua 2020 IDN Times/Feny Maulia Agustin

Dengan masuknya dua atlet golf Sumsel tersebut, jelas Rojali, potensi Sumsel untuk mendapatkan medali pada cabor ini punya peluang besar. 

"Ini membuktikan sebenarnya potensi pegolf Sumsel ini sangat baik. Setelah ini langkah kita akan terus lanjutkan pembinaan, secara kontinyu dan terarah. Kita juga optimistis, pada saat PON Papua nanti pegolf kita bisa memberi penampilan yang lebih bagus lagi," jelasnya.

3. Siapkan TC khusus untuk dua pegolf Sumsel

Dua Pegolf Sumsel Pastikan Rebut Tiket PON Papua 2020 IDN Times/Istimewa

Ketua Pembina PGI Sumsel, Syarif Abubakar didampingi Tim Manajer PGI Sumsel, Taufik Hidayat Amin mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan langkah untuk mempersiapkan atlet golf Sumsel di ajang PON 2020 nanti. Salah satunya membawa atlet ikut dalam kejuaraan-kejuaraan nasional luar daerah pada sisa waktu satu tahun setengah ini.

"Kita upayakan juga nanti ada TC (Training Center) keluar daerah. Untuk menambah ketajaman skil, sekaligus memperkuat mental bertanding mereka sebelum turun di PON nanti," katanya.

Sementara, atlet golf Sumsel, Agus Noval Syahputra menceritakan, pernah mengalami kegagalan keberangkatan untuk PON 2016. Ternyata, nasib berkata lain dan PON 2020 nanti Sumsel bisa mengirimkan atlet golf.

"Saya pernah lolos di kualifikasi Pra PON 2015. Namun, karena alasan tertentu dari KONI Sumsel pada saat itu, saya batal berangkat pada perhelatan PON 2016 Jawa Barat. Jadi ini mungkin, ajang pertama saya di PON nanti. Mudah mudahan target saya untuk bawa mendali emas, akan tercapai," kata atlet berusia 23 tahun itu.

Baca Juga: Apa Benar, Main Golf Itu Menyalurkan Hobi Sembari Bangun Networking ?

4. Persaingan ketat antar pegolf di PON Papua 2020

Dua Pegolf Sumsel Pastikan Rebut Tiket PON Papua 2020 IDN Times/Istimewa

Agus melanjutkan, pada Pra PON Ujung Pandang kemarin cukup mendapat gambaran bagaimana peta persaingan pada PON nanti.

"Persaingan memang cukup berat, karena harus bersaing dengan 28 perwakilan atlet terbaik seluruh Indonesia. Pesaing terkuat, mungkin nanti masih ada di daerah-daerah, seperti Jakarta, Jateng, Bali dan juga Kalimatan Selatan," ujarnya.

Atlet golf Sumsel lainnya, Arfanza menambahkan, bangga bisa mewakili Sumsel di ajang PON Papua dan tak akan minder lagi pada persaingan di PON nanti.

"Kalau skill, mungkin Sumsel tidak kalah dengan yang lain. Bedanya hanya mereka punya jam terbang yang lebih tinggi saja. Jadi, tetap optimistis nanti kita bisa bersaing dapat hasil bagus di Papua nanti," tandasnya.

Topik:

  • Sidratul Muntaha

Berita Terkini Lainnya