Cabor Balap Sepeda di Lubuk Linggau Bakal Jadi Sentra Latihan Nasional

Pengajuan berdasarkan program Kemenpora soal DBON

Palembang, IDN Times - Komite Olahraga Nasional Indonesia Sumatra Selatan (KONI Sumsel) bakal mengajukan cabang olahraga (cabor) balap sepeda di Lubuk Linggau menjadi wilayah pelatihan atlet nasional.

Hal itu selaras dengan terpilihnnya Sumsel sebagai salah satu lokasi penunjukkan 10 sentra latihan nasional Program Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON). 

"Sesuai Perpres Nomor 86 tahun 2021 terkait program DBON, KONI Sumsel akan surati secara resmi bupati/wali kota tiap daerah harus ada cabor unggulan dan Lubuk Linggau unggul di balap sepeda," ujar Ketua KONI Sumsel, Senin (14/3/2022).

Baca Juga: 5 Kuliner Khas Lubuklinggau yang Sayang kalau Dilewatkan, Yuk Cicipi!

1. Sumsel dan Sumut terpilih jadi bagian 10 sentra latihan nasional

Cabor Balap Sepeda di Lubuk Linggau Bakal Jadi Sentra Latihan Nasionalilustrasi balap sepeda (unsplash.com/Markus Spiske)

Selain Lubuk Linggau, KONI Sumsel juga masih memilah cabor unggulan dari 17 kabupaten/kota. untuk mencari lokasi sentra latihan nasional bagi atlet DBON di Indonesia. 

"Di Sumatera ada dua yang terpilih, Sumsel dan Sumut. Provinsi lainnya ada DKI, Jabar, Jateng, Jatim, NTB, Kaltim, Sulsel, Papua," kata dia.

2. KONI Sumsel bakal surati pembentukan cabor unggulan ke 17 kabupaten/kota

Cabor Balap Sepeda di Lubuk Linggau Bakal Jadi Sentra Latihan NasionalKetua KONI Sumsel Hendri Zainudin (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Kendati KONI Sumsel belum mendapatkan petunjuk teknis dan cabang olahraga apa yang menjadi unggulan daerah, namun secara inisiatif pihaknya akan mengajukan setiap kabupaten/kota dengan cabor-cabor berpotensi.

"Yang menariknya juga nanti KONI Sumsel akan menyurati seluruh KONI, bupati/wali kota untuk membuat cabang olahraga yang berorientasi pada DBON yang berorientasi pada olimpiade," jelasnya. 

3. Berharap Sumsel menjadi lokasi bibit atlet berpotensi

Cabor Balap Sepeda di Lubuk Linggau Bakal Jadi Sentra Latihan Nasionalpexels.com/Chris Peeters

Hendri menilai, adanya desain besar olahraga artinya pemerintah mulai berorientasi ke olimpiade. Karena olimpiade merupakan ajang bergengsi dengan 12 cabor terpilih sudah terbukti langganan emas dan dua cabor industri.

"Industri itu sepakbola dan bola basket. Kita berharap dari 12 cabor ini akan muncul atlet-atlet Sumsel terutama kita dijadikan tempat pembibitan olahraga di Indonesia," tandas dia.

Baca Juga: Kualitas Udara Kota Lubuklinggau Baik, Lebih Baik Dari Kota Palembang, Tetapi Lebih Buruk Dari Kota Lahat

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya