Buka Seleksi Pomnas, FPTI Sumsel Incar Pemanjat U-21

82 Peserta ikuti Open Sport Climbing Competition

Palembang, IDN Times - Sebanyak 82 pemanjat muda Sumsel dari berbagai klub ambil bagian adu skill pada Kejuaraan Nasional (kejurnas) Open Sport Climbing Competition, di Politeknik Negeri Sriwijaya, Palembang mulai 26-30 Juni 2019.

Even yang bekerja sama dengan Himpala Bahtera Buana ini, sekaligus menjadi media seleksi bagi para pemanjat daerah untuk Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (Pomnas).

Baca Juga: Selamat! Panjat Dinding Beregu Sumbang 2 Medali Emas dan 1 Perak

1. Open Sport Climbing Competition perlombakan tiga kelas

Buka Seleksi Pomnas, FPTI Sumsel Incar Pemanjat U-21IDN Times/Feny Maulia Agustin

Ketua Pelaksana Kejuaraan Nasional Open Sport Climbing Competition, Anggita Ragisa mengatakan, lomba ini juga untuk memberihu ke publik bahwa sport climbing yang selama ini banyak mengira olahraga ekstrem, tetap bisa menghasilkan prestasi.

"Ada 82 peserta dari seluruh Sumsel ikut berkompetisi, untuk kelas yang dilombakan yakni, lead umum putra dan putri, speed umum putra dan putri, serta lead U-18 putra dan putri," katanya.

2. Agenda tahunan yang jadi ajang seleksi

Buka Seleksi Pomnas, FPTI Sumsel Incar Pemanjat U-21IDN Times/Feny Maulia Agustin

Menurut Anggita  ajang seperti Open Sport Climbing Competition sebenarnya sudah digelar sejak tahun 2004 dan terus dilaksanakan tiap tahun.

"Nantinya mereka yang menang bisa ikut seleksi kejurda, sekaligus seleksi daerah ke Pomnas pada September mendatang. Mudah-mudahan peserta yang berhasil bisa mengikuti kegiatan ke nasional," ujarnya.

3. FPTI mencari bibit baru di bawah u-21

Buka Seleksi Pomnas, FPTI Sumsel Incar Pemanjat U-21IDN Times/Feny Maulia Agustin

Sementara, Ketua Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kota Palembang, Rizal Lubis mengungkapkan, saat ini memang FPTI lagi mencari dan membutuhkan atlet muda dengan semangat yang tinggi.

"Kita lihat sekarang potensi dari atlet-atlet muda di Sumsel terus berkembang. Makanya, dengan ada even ini dimanfaatkan FPTI Sumsel untuk mencari bibit baru di bawah U-21," ungkapnya.

Baca Juga: Belum Ada Solusi, Giliran KONI Sumsel Keluhkan Venue JSC Tanpa Listrik

4. FPTI terus lakukan persiapan demi target 1 emas PON 2020

Pria yang akrab disapa Ucok itu meneruskan, bahwa saat ini pihaknya masih terus melakukan persiapan menuju kejuaraan nasional, yang dimulai dari seleksi daerah yang salah satunya dari even seperti Open Sport Climbing Competition ini .

"Dari kejuaraan tingkat mahasiswa, yang menang bisa diseleksi lagi menuju lingkup nasional. Target kita untuk PON 2020 nanti yakin satu emas. Setelah ini akan ada seleksi untuk PON 2020 dan akan dilakukan oleh korwil di Bengkulu bulan November mendatang. Seleksi tersebut sebagiannya atlet yang berhasil di Pomnas" tandasnya.

Topik:

  • Sidratul Muntaha

Berita Terkini Lainnya